Soal IPS Kelas 8 Semester 1 - Interaksi Keruangan Dalam Kehidupan di Negara-negara Asean

Soal IPS Kelas 8 Semester 1 : Berikut ini adalah soal latihan pelajaran IPS Kelas 8 Semester 1 Bab Interaksi Keruangan Dalam Kehidupan di Negara-negara Asean. Dimana, soal ini sebagai bahan untuk belajar mandiri.

Soal IPS Kelas 8 Semester 1 - Interaksi Keruangan Dalam Kehidupan di Negara-negara Asean

Adapun Soal IPS Kelas 8 Semester 1 Bab 1 adalah sebagai berikut.

Kerjakan di buku tugasmu!

I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat.

1. Negara yang berbentuk geografis protruded dan penduduknya mayoritas ras mongol yaitu . . . .

a. Myanmar c. Laos

b. Thailand d. vietnam


2. Negara yang terletak paling utara di ASEAN yaitu . . . .

a. Thailand c. Filipina

b. Myanmar d. Kamboja


3. Bentuk karakteristik budaya yang diakibatkan perbedaan iklim kawasan negaranegara ASEAN yaitu . . . .

a. cara berpakaian c. upacara perkawinan

b. cara berbicara d. pola makan


4. Akibat dari banyak negara-negara ASEAN yang dilewati jalur lipatan Sirkum Pasifik adalah . . . .

a. sering terjadi banjir c. banyak memiliki pantai

b. beriklim tropis d. sering terjadi gempa bumi


5. Negara anggota ASEAN yang kegiatan perekonomiannya tidak didukung oleh pertanian yaitu . . . .

a. Indonesia c. Singapura

b. Malaysia d. Laos


6. Manakah dari negara-negara ASEAN berikut yang memiliki iklim subtropis?

a. Myanmar c. Filipina

b. Laos d. Vietnam


7. Iklim yang terbentuk akibat letak negara-negara ASEAN di sekitar khatulistiwa dan diapiti daratan luas Asia dan Australia yaitu . . . .

a. iklim tropis dan iklim musim

b. iklim tropis dan iklim laut

c. ilklim laut dan iklim hutan hujan

d. iklim kemarau dan iklim musim penghujan


8. Kerja sama yang diadakan para menteri pada pertemuan Defence Ministers Meeting (ADMM) membahas bidang . . . .

a. sosial

b. pendidikan

c. politik

d. budaya


9. Berdasarkan keputusan Mahkamah Internasional, Pulau Ligitan dan Sipadan diberikan kepada negara . . . .

a. Indonesia c. Filipina

b. Singapura d. Malaysia


10. Nilai positif dari kasus pengungsi manusia perahu dari Myanmar yang menimbulkan interaksi antarnegara ASEAN antara lain . . . .

a. bertambahnya warga asing

b. memupuk rasa kemanusiaan

c. meningkatkan persaingan kerja

d. diskriminasi sosial pengungsi


11. Salah satu bentuk kerja sama negara-negara ASEAN di bidang pedidikan yaitu . . . .

a. ASEAN Commission on the Promotion and Protection of the Rights of Women and Children

b. ASEAN Council Teachers Convention

c. ASEAN Tourism Agreement

d. Defence Ministers Meeting


12. Salah satu kerja sama antarnegara ASEAN di bidang industri berikut ini adalah . . . .

a. proyek industri tambang ASEAN Copper Fabrication Project di Filipina dengan Singapura

b. proyek vaksin ASEAN Vaccine Project di Singapura dengan Kamboja

c. proyek pupuk ASEAN Aceh Fertilizer Project di Indonesia dengan Malaysia

d. proyek soda api Rock Salt Soda Ash Project di Thailand dengan Indonesia


13. Salah satu bentuk kerja sama di bidang politik antarnegara-negara ASEAN adalah . . . .

a. membangun pupuk urea di Malaysia

b. menanggulangi penyalahgunaan narkotika

c. melaksanakan festival seni ASEAN

d. membentuk Pusat Informasi Pariwisata


14. Faktor pendorong kerja sama antarnegara ASEAN yaitu . . . .

a. kesamaan dan perbedaan ideologi

b. kesamaan dan perbedaan sumber daya alam

c. kesamaan dan perbedaan kondisi geografis

d. jawaban a, b, dan c benar


15. Bentuk kerja sama dalam bidang politik antara lain . . . .

a. penyelenggaraan pesta dua tahun sekali SEA-Games

b. menyediakan cadangan pangan untuk negara-negara ASEAN

c. traktat Bantuan Hukum Timbal Balik di Bidang Pidana (Treaty on Mutual Assistance in Criminal Matters/MLAT)

d. penandatanganan kesepakatan bersama ASEAN Tourism Agreement


16. Sungai yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia, yaitu . . . .

a. Sungai Musi

b. Sungai Barito

c. Sungai Mahakam

d. Sungai Bengawan Solo


17. Perhatikan contoh di bawah ini.

1) Penggunaan monorel kereta jurusan Bandung-Jakarta.

2) Kemacetan yang panjang di Johor, Malaysia.

3) Penggunaan hutan sebagai jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di Jawa.

4) Pembangunan transportasi bawah tanah di Thailand.

5) Alih fungsi lahan dari pemukiman menjadi kawasan bandar udara.

Manakah pernyataan yang menunjukkan dampak negatif dari interaksi antarnegara-negara ASEAN yang menimbulkan perubahan di bidang transportasi?

a. 1, 2, dan 4. c. 2, 3, dan 5.

b. 1, 3, dan 5. d. 3, 4, dan 5.


18. Nelayan ikan dengan skala besar yang beroperasi di kawasan Asia Tenggara memanfaatkan data cuaca, suhu, arah angin untuk mencari ikan di lautan. Fenomena ini berkaitan dengan faktor yang mempengarui interaksi antarruang, yaitu . . . .

a. faktor geologi

b. faktor ketersediaan sumber daya

c. faktor iklim

d. faktor teknologi


19. Perubahan sebagian atau seluruh fungsi lahan dari fungsi semula menjadi fungsi yang lain dan memengaruhi lingkungan dan potensi lahan itu sendiri disebut . . . .

a. pergantian lahan c. konversi lahan

b. penggunaan tanah d. konversi tanah


20. Dampak alih fungsi lahan pertanian menjadi pemukiman, yaitu produktivitas pangan akan menjadi . . . .

a. naik c. signifikan

b. turun d. menguntungkan


II. Esai

1. Sebutkan batas wilayah ASEAN berdasarkan letak geografisnya!

Jawab: ............................


2. Berikan contoh bahwa iklim dapat memengaruhi perubahan ruang dan interaksi antarruang!

Jawab: ............................


3. Bagaimana peran teknologi komunikasi dalam interaksi antarruang di negaranegara ASEAN?

Jawab: ............................


4. Jelaskan mengapa negara Singapura lebih berfokus pada perdagangan dan industri!

Jawab: ............................


5. Jelaskan alasan negara-negara Asia Tenggara perlu mengandalkan kerja sama ekonomi!

Jawab: ............................


Selanjutnya: Soal IPS Kelas 8 Semester 1 - Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan

Demikian yang dapat kami sajikan berkaitan dengan Soal IPS Kelas 8 Semester 1 Bab Interaksi Keruangan Dalam Kehidupan di Negara-negara Asean. Semoga bermanfaat!


Referensi:

Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas VIII Edisi Revisi 2017

0 Komentar

Post a Comment