Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 48 sampai 52 Subtema 2 Pembelajaran 1 : Berikut ini adalah kunci jawaban tema 3 kelas 4 halaman 48, kunci jawaban tema 3 kelas 4 halaman 49, kunci jawaban tema 3 kelas 4 halaman 50, dan kunci jawaban tema 3 kelas 4 halaman 52 pada buku siswa kelas 4 SD/MI kurikulum 2013 revisi 2017. Peduli Terhadap Makhluk Hidup, Subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku dalam pembelajaran ke-1.
Burung cenderawasih disebut juga sebagai
burung surga. Burung yang menjadi maskot Papua ini memiliki warna bulu yang
indah. Bahkan, kabarnya karena keindahannya itu juga burung ini jarang turun ke
tanah lebih sering terbang dan hinggap di dahan pohon.
Warna bulu cenderawasih yang mencolok
biasanya merupakan kombinasi beberapa warna seperti hitam, cokelat, oranye,
kuning, putih, biru, merah, hijau dan ungu. Burung ini semakin molek dengan
keberadaan bulu memanjang dan unik yang tumbuh dari paruh, sayap, atau
kepalanya.
Warna yang bermacam-macam menjadi salah
satu penanda untuk mengelompokkan jenis mereka. Habitat aslinya di hutan-hutan
lebat, yang umumnya terletak di daerah dataran rendah dan hanya dapat ditemukan
di Indonesia bagian timur.
Teks Burung Cendrawasih sekengkapnya
silahkan dibaca pada buku siswa halaman 48.
Jawablah pertanyaan berikut.
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4
Halaman 48 Subtema 2 Pembelajaran 1
Jelaskan mengapa burung cenderawasih
menjadi salah satu sumber daya alam yang menjadi kebanggaan rakyat Papua dan
dilestarikan.
Jawaban Alternatif:
Karena keberadaan burung Cenderawasih
semakin lama semakin terancam akibat perburuan liar dan dan perusakan habitat.
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4
Halaman 49 Subtema 2 Pembelajaran 1
Keberadaan burung cendrawasih kian lama
kian terancam? Apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi?
Jawaban Alternatif:
Penyebab yang mengancam keberadaan burung
cenderawasih antara lain perburuan liar, perusakan habitat, dan perdagangan
bulu burung Cenderawasih sebagai penghias topi.
Apa yang bisa dilakukan untuk menjaga
kelestarian burung cendrawasih?
Jawaban Alternatif:
Untuk melestarikan burung Cenderawasih
dapat dilakukan dengan cara membudidayakan burung tersebut di suaka marga
satwa, jangan memburunya, dan tidak merusak habitat aslinya.
Bagaimana kaitan antara perilaku manusia
dengan kelangkaan burung cendrawasih? Deskripsikan!
Jawaban Alternatif:
Pemanfaatan bulu burung Cenderawasih
sebagai hiasan topi sangat membahayakan kelestarian burung tersebut karena
untuk memperoleh bulu tersebut burung cenderawasih harus diburu dengan cara
ditembak. Memanfaatkan burung cenderawasih sebagai burung piaraan juga dapat
mengganggu kelestarianyya karena burung Cenderawasih biasa hidup di alam bebas
dan tidak terbiasa hidup di dalam sangkar.
Bagaimana pendapatmu tentang perilaku
manusia tersebut?
Jawaban Alternatif:
Menurut pendapat saya sebaiknya manusia memperhatikan
kelestarian burung Cenderawasih. Salah satu caranya adalah dengan cara
membiarkanya hidup di alam bebas tanpa ada gangguan dari manusia.
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4
Halaman 50 Subtema 2 Pembelajaran 1
Apa akibatnya jika burung cendrawasih
punah?
Jawaban Alternatif:
Jika burung Cenderawasi punah maka
keberagaman satwa indonesia akan berkurang. Mungkin generasi yang akan datang
hanya bisa menyaksikan keindahan burung Cenderawasih hanya melalui gambarnya
saja.
Apa saranmu agar kelestarian burung
cendrawasih tetap terjaga?
Jawaban Alternatif:
Agar kelestarian burung Cenderawasih tetap
terjaga diperlukan adanya kesadaran bahwa keanekargaman hewan harus
dilestarikan dan tidak digunakan untuk kepentingan segelintir orang saja.
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4
Halaman 52 Subtema 2 Pembelajaran 1
Bersama temanmu, jawablah pertanyaan
berikut.
1. Apa akibatnya apabila kupu-kupu punah?
Jawaban Alternatif:
Jika kupu-kupu punah maka kelestarian
tanaman juga terganggu karena berkurangnya hewan yang membantu penyerbukan
tanaman.
2. Apa yang bisa kamu lakukan untuk
melindungi kupu-kupu?
Jawaban Alternatif:
Untuk melindungi kupu-kupu dapat dilakukan
dengan cara menjaga kelestarianya dengan cara tidak memanfaatkan kupu-kupu
sebagai barang hiasan.
3. Di mana kupu-kupu hidup? Jelaskan!
Jawaban Alternatif:
Kupu-kupu hidup di dataran tinggi dan di
dataran rendah atau di daerah yang bayak terdapat tanaman berbunga.
Selanjutnya pelajari juga: Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 55-60 Subtema 2 Pembelajaran 2
Demikian penyajian artikel Kunci Jawaban
Buku Siswa Tema 3 Kelas 4 halaman 48 sampai 51-52 Tema 3 Peduli Terhadap
Makhluk Hidup Pembelajaran 1 Subtema 2 Makhluk Hidup di Lingkunganku. Semoga
bermanfaat!!!
Sumber Materi:
Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 – Peduli Terhadap Makhluk Hidup
0 Komentar
Post a Comment