Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 48, 49, 50, 52 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 48 sampai 52 Subtema 2 Pembelajaran 1 : Berikut ini adalah kunci jawaban tema 3 kelas 4 halaman 48, kunci jawaban tema 3 kelas 4 halaman 49, kunci jawaban tema 3 kelas 4 halaman 50, dan kunci jawaban tema 3 kelas 4 halaman 52 pada buku siswa kelas 4 SD/MI kurikulum 2013 revisi 2017. Peduli Terhadap Makhluk Hidup, Subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku dalam pembelajaran ke-1.

 

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 48, 49, 50, 52 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 1

Burung cenderawasih disebut juga sebagai burung surga. Burung yang menjadi maskot Papua ini memiliki warna bulu yang indah. Bahkan, kabarnya karena keindahannya itu juga burung ini jarang turun ke tanah lebih sering terbang dan hinggap di dahan pohon.

Warna bulu cenderawasih yang mencolok biasanya merupakan kombinasi beberapa warna seperti hitam, cokelat, oranye, kuning, putih, biru, merah, hijau dan ungu. Burung ini semakin molek dengan keberadaan bulu memanjang dan unik yang tumbuh dari paruh, sayap, atau kepalanya.

Warna yang bermacam-macam menjadi salah satu penanda untuk mengelompokkan jenis mereka. Habitat aslinya di hutan-hutan lebat, yang umumnya terletak di daerah dataran rendah dan hanya dapat ditemukan di Indonesia bagian timur.

Teks Burung Cendrawasih sekengkapnya silahkan dibaca pada buku siswa halaman 48.

 

Jawablah pertanyaan berikut.

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 48 Subtema 2 Pembelajaran 1

Jelaskan mengapa burung cenderawasih menjadi salah satu sumber daya alam yang menjadi kebanggaan rakyat Papua dan dilestarikan.

Jawaban Alternatif:

Karena keberadaan burung Cenderawasih semakin lama semakin terancam akibat perburuan liar dan dan perusakan habitat.

 

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 49 Subtema 2 Pembelajaran 1

Keberadaan burung cendrawasih kian lama kian terancam? Apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi?

Jawaban Alternatif:

Penyebab yang mengancam keberadaan burung cenderawasih antara lain perburuan liar, perusakan habitat, dan perdagangan bulu burung Cenderawasih sebagai penghias topi.

 

Apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian burung cendrawasih?

Jawaban Alternatif:

Untuk melestarikan burung Cenderawasih dapat dilakukan dengan cara membudidayakan burung tersebut di suaka marga satwa, jangan memburunya, dan tidak merusak habitat aslinya.

 

Bagaimana kaitan antara perilaku manusia dengan kelangkaan burung cendrawasih? Deskripsikan!

Jawaban Alternatif:

Pemanfaatan bulu burung Cenderawasih sebagai hiasan topi sangat membahayakan kelestarian burung tersebut karena untuk memperoleh bulu tersebut burung cenderawasih harus diburu dengan cara ditembak. Memanfaatkan burung cenderawasih sebagai burung piaraan juga dapat mengganggu kelestarianyya karena burung Cenderawasih biasa hidup di alam bebas dan tidak terbiasa hidup di dalam sangkar.

 

Bagaimana pendapatmu tentang perilaku manusia tersebut?

Jawaban Alternatif:

Menurut pendapat  saya sebaiknya manusia memperhatikan kelestarian burung Cenderawasih. Salah satu caranya adalah dengan cara membiarkanya hidup di alam bebas tanpa ada gangguan dari manusia.

 

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 50 Subtema 2 Pembelajaran 1

Apa akibatnya jika burung cendrawasih punah?

Jawaban Alternatif:

Jika burung Cenderawasi punah maka keberagaman satwa indonesia akan berkurang. Mungkin generasi yang akan datang hanya bisa menyaksikan keindahan burung Cenderawasih hanya melalui gambarnya saja.

 

Apa saranmu agar kelestarian burung cendrawasih tetap terjaga?

Jawaban Alternatif:

Agar kelestarian burung Cenderawasih tetap terjaga diperlukan adanya kesadaran bahwa keanekargaman hewan harus dilestarikan dan tidak digunakan untuk kepentingan segelintir orang saja.

 

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 52 Subtema 2 Pembelajaran 1

Bersama temanmu, jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa akibatnya apabila kupu-kupu punah?

Jawaban Alternatif:

Jika kupu-kupu punah maka kelestarian tanaman juga terganggu karena berkurangnya hewan yang membantu penyerbukan tanaman.

 

2. Apa yang bisa kamu lakukan untuk melindungi kupu-kupu?

Jawaban Alternatif:

Untuk melindungi kupu-kupu dapat dilakukan dengan cara menjaga kelestarianya dengan cara tidak memanfaatkan kupu-kupu sebagai barang hiasan.

 

3. Di mana kupu-kupu hidup? Jelaskan!

Jawaban Alternatif:

Kupu-kupu hidup di dataran tinggi dan di dataran rendah atau di daerah yang bayak terdapat tanaman berbunga.

 

Selanjutnya pelajari juga: Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 55-60 Subtema 2 Pembelajaran 2

 

Demikian penyajian artikel Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 4 halaman 48 sampai 51-52 Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Pembelajaran 1 Subtema 2 Makhluk Hidup di Lingkunganku. Semoga bermanfaat!!!

 

Sumber Materi:

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 – Peduli Terhadap Makhluk Hidup

0 Komentar

Post a Comment