BLOG GURU SD

Pelajaran IPA Kelas 6 SD Tentang Ciri-ciri Perkembangan Fisik Laki-Laki dan Perempuan

Pada kesempatan sebelumnya pernah disajikan materi Pelajaran IPA Kelas 6 Tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia. Kali ini kami akan menyajikan materi IPA berikutnya, yakni Ciri-ciri Perkembangan Fisik Laki-Laki dan Perempuan.
Sebagaimana yang telah dijelaskan pada artikel berikutnya bahwa pengertian pubertas adalah masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Ketika manusia masuk pada masa pubertas, remaja perempuan maupun juga remaja laki-laki mengalami perubahan fisik. Perubahan yang terjadi meliputi  ciri-ciri kelamin primer dan ciri-ciri kelamin sekunder. 
Ciri-ciri kelamin primer disebut juga ciri yang tidak tampak yang terjadi di dalam tubuh, sedangkan ciri-ciri kelamin sekunder adalah ciri yang tampak yang terjadi pada tubuh bagian luar. Ciri-ciri kelamin primer dan juga sekunder diatur oleh hormon yakni hormon kelamin. Selama masa pubertas, laki-laki maupun juga perempuan mengalami pertumbuhan yang  pesat. Dimana, pada akhir pubertas, biasanya terjadi pada usia sekitar 16 hingga 20 tahun. Pada umumnya mereka tidak lagi mengalami pertumbuhan tinggi badan.
Pelajaran IPA Kelas 6 SD Tentang Ciri-ciri Perkembangan Fisik Laki-Laki dan Perempuan

Berikut adalah perubahan-perubahan yang dialami oleh laki-laki maupun juga perempuan pada masa pubertas.

1. Perubahan pada Laki-Laki
Laki-laki mengalami perubahan primer dan juga sekunder pada masa pubertas. Tahukah kalian, perubahan apa saja yang terjadi?
Ciri-Ciri Kelamin Primer
Ciri primer pada laki-laki adalah mengalami ‘Mimpi Basah’. Pada seorang laki-laki, perubahan yang terjadi adalah mulai diproduksinya sperma pada organ reproduksi laki-laki. Perubahan ini menandakan bahwa sistem reproduksinya telah berfungsi. Alat reproduksi pada laki-laki yakni terdiri atas testis, saluran sperma, uretra, dan juga penis. Organ testis menghasilkan sperma. Testis dapat memproduksi jutaan sperma setiap hari. Akibatnya, kantung testis akan terisi penuh dengan cairan sperma. Cairan sperma keluar melalui saluran sperma,  kemudian menuju uretra. Cairan sperma akhirnya akan keluar dengan sendirinya.

Ciri-Ciri Kelamin Sekunder
Ciri-ciri kelamin primer biasanya diikuti dengan perkembangan ciri-ciri kelamin sekunder. Ciri-ciri kelamin sekunder dapat kita amati dengan melihat perubahan fisik yang dialami seseorang.
Berikut ini ciri-ciri kelamin sekunder pada laki-laki.
1. Tumbuh jakun
2. Tumbuh kumis dan janggut (rambut yang tumbuh di dagu)
3. Tumbuh rambut-rambut halus di ketiak dan organ kelamin
4. Organ kelamin membesar
5. Suara berubah menjadi berat
6. Dada tampak bidang
Namun, tidak semua laki-laki mengalami ciri-ciri kelamin sekunder yang mencolok. Ada juga yang tidak mengalami pertumbuhan kumis dan jakun.

2. Perubahan pada Perempuan
Sama halnya seperti pada laki-laki, perempuan juga mengalami perubahan primer maupun juga sekunder. Adapaun cirinya adalah sebagai berikut.
Ciri-Ciri Kelamin Primer
Ciri primer pada perempuan adalah menstruasi. Dimana pada awalnya mulai diproduksinya sel telur. Sel ini dihasilkan oleh organ kelamin yang disebut  indung telur atau ovarium. Alat reproduksi pada perempuan terdiri atas ovarium, tuba falopi, uterus, dan lubang kemaluan (vagina).

Ciri-Ciri Kelamin Sekunder
Adapun ciri-ciri sekunder pada perempuan adalah sebagai berikut.
1. Tumbuh rambut-rambut halus di ketiak dan organ kemaluan.
2. Payudara dan pinggul mulai membesar.
3. Organ kelamin membesar.
*Catatan : Jika laki-laki dan perempuan sudah mengalami masa pubertas, maka pergaulan di dalam kehidupan sehari-hari harus dijaga. Setelah dewasa, harus ada batasan antara laki-laki dan perempuan dalam bergaul.

Demikianlah materi Pelajaran IPA Kelas 6 SD Tentang Ciri-ciri Perkembangan Fisik Laki-Laki dan Perempuan yang bersumber dari Buku Bse Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 6 SD/MI. Selamat belajar!

Advertisement

0 Komentar untuk "Pelajaran IPA Kelas 6 SD Tentang Ciri-ciri Perkembangan Fisik Laki-Laki dan Perempuan"

Back To Top