BLOG GURU SD

Pelajaran IPA Kelas 6 Tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Salah satu materi yang terdapat pada Mata Pelajaran IPA Kelas 6 adalah tentang Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia. Dimana, materi ini sebagai pengetahuan yang erat kaitannya dengan kehidupan manusia itu sendiri.
Kalian pastinya juga mengalami yang namanya pertumbuhan dan perkembangan dari bayi sampai dengan saat ini. Kalian juga pasti mengalami banyak perubahan. Coba kalian bandingkan tubuh kalian pada waktu masih berada di sekolah Taman Kanak Kanak dengan tubuh kalian yang sekarang.
Tentunya ukuran tubuh kalian sekarang lebih besar dibandingkan saat kalian masih bayi. Kalian mengalami suatu pertumbuhan dan perkembangan dari kecil menjadi besar. Namun, tahukah kalian apa arti dari pertumbuhan dan perkembangan?
Pelajaran IPA Kelas 6 Tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Pertumbuhan adalah perubahan makhluk hidup mulai dari kecil hingga menjadi dewasa. Pertumbuhan mengalami perubahan yang tidak dapat kembali ke keadaan semula. Sementara perkembangan adalah proses menuju tercapainya kedewasaan. Perkembangan manusia ditunjukkan salah satunya dengan gejala pubertas. Apakah masa pubertas itu?
Manusia mengalami pertumbuhan dan juga perkembangan melalui beberapa tahap yakni dimulai dari bayi, remaja, dewasa, dan lanjut usia. Pada masa remaja itulah terjadi suatu gejala yang namanya pubertas.
Adapun tahapan perkembangan dan pertumbuhan manusia adalah sebagai berikut.

1. Bayi
Masa bayi dimulai dari lahir hingga usia 2 tahun. Bayi mengalami pertumbuhan secara cepat pada tahun pertama. Pada usia 3 bulan, bayi sudah bisa membalikkan tubuhnya dan pada usia 6 bulan, bayi sudah dapat duduk. Pada usia 8 – 10 bulan, bayi dapat merangkak dan menegakkan diri sendiri. Pada usia 12 – 18 bulan, anak sudah dapat berjalan sendiri tanpa dibantu.
Selama tahun pertama, bayi sepenuhnya bergantung pada orang tuanya untuk memperoleh makanan dan perlindungan. Namun, bayi mulai mengembangkan berbagai kemampuan seperti berjalan dan berinteraksi dengan orang lain. Pada usia delapan tahun, anak sudah dapat berjalan, berlari, menyanyi, menulis, membaca, dan bahkan naik sepeda. Berat dan tinggi badan anak juga bertambah.

2. Remaja
Masa remaja ditandai dengan gejala pubertas. Masa pubertas adalah masa pertumbuhan pesat menuju tahap kematangan s3ksual. Saat masa remaja, manusia berusia belasan tahun. Pada masa peralihan dari anak-anak menuju remaja, manusia mengalami pertumbuhan dan pekembangan penting menyangkut organ reproduksi (alat perkembangbiakan). Masa ini sering disebut masa pubertas atau akil balig.

3. Dewasa
Setelah mengalami masa pubertas, manusia juga akan memasuki masa dewasa. Manusia sudah mempunyai bentuk tubuh tetap. Orang dewasa biasanya lebih mandiri dan juga mampu berpikir dengan pertimbangan yang matang. Pada umumnya, masa dewasa manusia berkisar antara 20 sampai 50 tahun.

4. Usia Lanjut
Sebagaimana yang kita ketahui bahwa manusia semakin lama semakin menjadi tua. Pada usia 40 tahun ke atas, biasanya tubuh manusia menua dengan cepat. Kulit menjadi mengerut danjuga otot serta tulang tidak sekuat dulu lagi. Organ-organ indra mulai melemah dan rambut menjadi beruban. Dalam proses yang normal akhirnya satu atau lebih sistem tubuh berhenti berfungsi hingga dalam suatu waktu seseorang meninggal.

Demikianlah pelajaran IPA Kelas 6 SD yang bersumber dari Buku Bse Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 6 SD/MI. Selamat belajar!

Advertisement

0 Komentar untuk "Pelajaran IPA Kelas 6 Tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia"

Back To Top