BLOG GURU SD

Ciri Khusus Unta

Ciri Khusus Hewan Unta : Unta merupakan hewan yang hidupnya di padang pasir. Tinggi badan unta bisa mencapai 3 meter. Telinga yang dimiliki unta kecil, namun matanya mempunyai bulu mata yang panjang. Pada waktu terjadi badai pasir, unta berlutut di atas bantalan lutut tebal, merapatkan telinganya, dan menutup mata, serta mengatupkan mulut rapat-rapat. Hal ini dilakukan supaya unta tidak terlalu banyak menghirup pasir.
Ciri Khusus Unta

Sejak dahulu, hewan unta digunakan untuk membawa orang menyeberangi padang pasir. Unta bisa berjalan jauh tanpa makan dan minum. Unta memiliki punuk berisi lemak di punggung. Punuk merupakan daging yang tumbuh di bagian tengkuk. Punuk itu juga digunakan sebagai cadangan cairan. Ketika berada di tempat dengan makanan berlimpah, unta mengisi perutnya yang besar dengan rumput dan air.
Unta ada yang mempunyai punuk satu dan ada pula yang mempunyai dua punuk. Unta
berpunuk satu lebih langsing ketimbang unta berpunuk dua. Unta berpunuk satu hidup di Arab dan sebagian wilayah Afrika. Sementara untuk unta berpunuk dua hidup di wilayah Asia Tengah.
Selain unta mempunyai punuk, unta juga mempunyai ciri khusus lainnya, yakni :
1.  Mata Unta
Unta mempunyai bulu mata yang tebal dengan alisnya yang terdiri dari 2 baris. Baik bulu mata yang tebal maupun 2 baris alis yang dimiliki Unta. Keduanya mempunyai fungsi yaitu untuk melindungi mata Unta supaya tidak kemasukan pasir yang sering tertiup angin di gurun.

2. Telinga Unta
Unta mempunyai telinga yang berukuran kecil, namun pendengarannya tajam. Unta mempunyai telinga yang ditutupi oleh bulu yang berguna untuk mencegah masuknya pasir dan debu ke dalam saluran telinga.

3. Kaki Unta
Unta memiliki kaki yang panjang dengan otot-otot yang kuat, sehingga Unta dapat membawa muatan yang berat dengan jarak tempuh yang panjang. Unta dapat membawa beban hingga 450 kilogram, namun biasanya supaya nyaman Unta sebaiknya diberi beban seberat 150 kilogram.

4. Telapak kaki Unta memiliki bantalan yang lebar, rata, dan berkulit.
Struktur telapak kaki yang seperti itu membuat Unta mampu untuk berjalan dengan baik di gurun pasir yang terdiri atas pasir. Setiap kaki unta memiliki dua jari kaki.

5. Bulu Unta mengalami rontok dan tumbuh kembali pada musim-musim tertentu.
Sekali meranggas (rontok) bobot bulu Unta bisa mencapai 2 kilo lebih.

6. Suhu normal tubuh Unta bervariasi antara 34 hingga 42,7 derajat Celcius.
Hal itu merupakan bentuk penyesuaian tubuhnya pada temperature gurun yang terbilang ekstrim, sangat panas di siang hari dan dingin di malam hari. Saat kepanasan, Unta dapat menyimpan air di tubuhnya lebih lama, karena pada temperature yang tinggi Unta tidak berkeringat, layaknya mamalia kebanyakan.

7. Masa hidup Unta hingga usia 40 tahun, namun biasanya di usia 25 tahun seekor Unta sudah diistirahatkan dari aktivitas tugasnya.

8. Ekor Unta memiliki panjang lebih dari 50 cm.
Sumber pengetahuan:
http://infohewan.com
Buku Bse Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI Kelas VI

Demikian informasi yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat!

Advertisement

0 Komentar untuk "Ciri Khusus Unta"

Back To Top