BLOG GURU SD

Ciri Khusus Eceng Gondok Serta Manfaatnya

Ciri Khusus Eceng Gondok : Eceng Gondok merupakan tumbuhan yang hidup di air. Eceng Gondok dikenal juga dengan nama ‘Kelipuk’ di daerah Palembang, ‘Ringgak’ di Lampung, ‘Tumpe’ di Manado, dan ‘Ilung-ilung’ di daerah Dayak. Namun, untuk di kebanyakan daerah Indonesia adalah banyak dikenal dengan nama ‘Eceng Gondok’.
Eceng Gondok memiliki beberapa ciri khusus. Adapun ciri khususnya adalah sebagai berikut: 1. Eceng gondok merupakan tumbuhan air yang mengapung 2. Mempunyai tangkai daun yang menggelembung atau berongga 3. Eceng Gondok berakar dalam tanah 4. Daunnya tunggal dan berbentuk oval 5. Pangkal tangkai daun menggelembung, ujung dan pangkalnya meruncing 6. Permukaan daunnya licin dan berwarna hijau 7. Bunganya termasuk bunga majemuk, berbentuk bulir, kelopaknya berbentuk tabung

Tumbuhan Eceng Gondok ditemukan pertama kali oleh salah seorang ahli botani Jerman yang bernama Carl Friedrich Philipp Von Martius yang secara tak sengaja menemukannya ketika tengah melakukan penjelajahan di Sungai Amazon, Brazil.
Tumbuhan Eceng Gondok pun seringkali dianggap sebagai gulma yang bisa merusak ekosistem air. Hal itu dikarenakan dari sifat pertumbuhannya yang sangat cepat dan juga mudah sekali untuk menyebar dari badan air satu ke badan air yang lainnya.
Selain itu juga, Eceng Gondok pun seringkali menghalangi masuknya sinar matahari ke di dalam perairan. Sehingga, makhluk hidup yang berada di perairan itu akan kekurangan vitamin dan juga membuatnya sulit bernapas.
Coba Anda bayangkan, bahwa 10 tanaman Eceng Gondok itu bisa berkembang menjadi kurang lebih 600.000 dalam waktu 8 (delapan) bulan. Eceng Gondok ini bisa tumbuh sampai ketinggian 40 cm hingga 80 cm.
Perlu Anda ketahui, bahwa Eceng Gondok memiliki beberapa ciri khusus. Adapun ciri khusus Eceng Gondok adalah sebagai berikut:
1. Eceng gondok merupakan tumbuhan air yang mengapung
2. Mempunyai tangkai daun yang menggelembung atau berongga
3. Eceng Gondok berakar dalam tanah
4. Daunnya tunggal dan berbentuk oval
5. Pangkal tangkai daun menggelembung, ujung dan pangkalnya meruncing
6. Permukaan daunnya licin dan berwarna hijau
7. Bunganya termasuk bunga majemuk, berbentuk bulir, kelopaknya berbentuk tabung

Nah, tahukah anda apa sih manfaat enceng gondok?
Pada dasarnya, tumbuhan Eceng Gondok juga memiliki manfaat. Adapun manfaat dari Eceng Gondok adalah sebagai berikut:
1. Enceng gondok memiliki banyak kandungan zat yang baik bagi tubuh seperti protein, karbohidrat, kalori, kalsium, fosfor, zat besi, dsb.
2. Enceng gondok mengandung banyak vitamin, seperti A, C, atau B1
3. Digunakan sebagai pupuk organik bagi tanaman sayur atau juga buah
4. Tumbuhan Eceng Gondok bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit kulit, sulit buang air kecil, sakit tenggorokan, dsb.
5. Sebagai tempat untuk bertelurnya ikan
Sumber :
satriabajahitam.com
dai21juli.blogspot.co.id
pengayaan.com

Demikin pengetahuan yang bisa disajikan tentang Ciri Khusus Eceng Gondok serta Manfaatnya. Semoga bermanfaat!!!

Advertisement

Tag : Materi IPA
0 Komentar untuk "Ciri Khusus Eceng Gondok Serta Manfaatnya"

Back To Top