Soal IPS Kelas 9 SMP Bab 3 Semester 1

Soal IPS Kelas 9 SMP Bab 3 Tentang Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia : IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan suatu bahan kajian terpadu yang merupakan penyederhanaan, adaptasi, seleksi dan modifikasi diorganisasikan dari konsep-konsep ketrampilan-ketrampilan Sejarah, Geografi, Sosiologi, Antropologi, dan Ekonomi (Puskur, 2001: 9).
Sementara itu, Fakih Samlawi & Bunyamin Maftuh (1999: 1) menyatakan bahwa IPS merupakan mata pelajaran yang memadukan konsep-konsep dasar dari berbagai ilmu sosial disusun melalui pendidikan dan psikologis serta kelayakan dan kebermaknaannya bagi siswa dan kehidupannya.
Sahabat pembelajar yang berbahagia, kali ini kami akan menyajikan sebuah informasi yang berkenaan dengan Soal IPS Kelas 9 SMP Bab 3 semester 1 tentang Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

Adapun contoh Soal IPS Kelas 9 SMP Bab 3 tentang Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia adalah sebagai berikut:

A. Isilah titik-titik  berikut:

Soal IPS Kelas 9 SMP Bab 3 Semester 1


B. Pilihlah jawaban a,b,c atau d yang paling tepat!
1. Negara Republik Indonesia Serikat, terdiri dari beberapa negara bagian. Secara geografis negara bagian yang wilayahnya paling luas adalah …
a. RI yang berpusat di Yogya
b. NIT
c. Negara Sumatera Timur
d. Sunda Kecil

2. Dalam rangka mengambil alih Indonesia dari tangan Jepang, Sekutu melalui Komando Pertahannya di Asia Tenggara membentuk divisi yang disebut AFNEI. Yang menjadi ketua AFNEI tersebut adalah Sir Philip Christison yang berasal dari …
a. Inggris
b. Amerika Serikat
c. Kanada
d. Australia

3. Salah satu perjanjian antara Indonesia-Belanda adalah perjanjian Ranville. Nama Renville diambil dari nama kapal perang …
a. kerajaan Inggris
b. Angkatan Laut Amerika Serikat
c. negara Australis
d. Kerajaan Belanda

4. Ketika Belanda menyerahkan kekuasaan pada Jepang, ternyata banyak tokoh Belanda melarikan diri ke Australia. Dinegara itu mereka menyusun kekuatan. Organisasi yang mereka bentuk yang bertujuan mengambil alih Indonesia dari sekutu disebut …
a. KTN
b. UNCI
c. AFNEI
d. NICA

5.  Salah satu butir dari hasil perundingan Roem-Royen adalah segera diadakan Konferensi Meja Bundar. Sebelum dilaksanakan KMB itu hendaknya dilakukan pendekatan dengan BFO (Bijenkomst  Federaal Overleg) sehubungan dengan pembentukan Republik Indonesia Serikat. BFO adalah ...
a. Gabungan negara-negara boneka bikinan Belanda
c. Alat perjuangan untuk Indonesia merdeka
d. Organisasi politik bikinan Belanda
e. Federasi partai-partai politik

6.  Perundingan Meja Bundar yang dilaksanakan di Den Haag Negeri Belanda salah satu keputusannya adalah berkaitan pembentukaan Uni antara ...
a. Republik Indonesia dengan Belanda
b. Republik Indonesia dengan Sekutu
c. Republik Indonesia dengan BFO
d. BFO dengan Belanda

7.  Setelah proklamasi kemerdekaan RI, Belanda terus-menerus berusaha menguasai kembali Indonesia. Hal nini nampak dari dilaksanakannya serangan Umum 1 Maret 1949. Tujuannya adalah ....
a. menghancurkan kekuatan militer Belanda.
b. menarik simpati masyarakat internasional.
c. membuyarkan propaganda Belanda bahwa TNI telah hancur.
d. membuktikan kepada dunia bahwa RI  dan TNI masih eksis.

8.  Sebelum dilaksanakan KMB itu hendaknya dilakukan pendekatan dengan BFO (Bijenkomst  Federaal Overleg) sehubungan dengan pembentukan Republik Indonesia Serikat. BFO adalah ...
a. Gabungana negara-negara boneka bikinan Belanda
b. Alat perjuangan untuk Indonesia merdeka
c. Organisasi politik bikinan Belanda
d. Federasi partai-partai politik

C. Jawablah dengan singkat !
1. Jelaskan latar belakang terjadinya Agresi Militer pertama yang dilakukan Belanda terhadap Indonesia !
2. Dilihat dari aspek kewilayahan, ternyata perjanjian Linggajati merugikan bangsa Indoinesia. Jelaskan secara singkat !
3. Tugas apakah yang diemban oleh AFNEI ?


Tujuan disajikannya contoh Soal IPS Kelas 9 SMP Bab 3 tentang Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia tiada lain adalah untuk mengisi dunia internet dengan hal-hal yang positif, yakni para peserta didik bisa belajar secara mandiri melalui online. Harapannya, informasi yang disajikan tentang contoh Soal IPS Kelas 9 SMP Bab 3 tentang Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia, yang bersumber dari Buku Bse Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas IX bisa bermanfaat bagi para pembaca. Selamat belajar dan semoga cita-cita Anda bisa tercapai!

0 Komentar

Post a Comment