Soal
IPS Kelas 9 SMP Bab 3 Tentang Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
: IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan suatu bahan kajian terpadu yang
merupakan penyederhanaan, adaptasi, seleksi dan modifikasi diorganisasikan dari
konsep-konsep ketrampilan-ketrampilan Sejarah, Geografi, Sosiologi,
Antropologi, dan Ekonomi (Puskur, 2001: 9).
Sementara itu, Fakih Samlawi &
Bunyamin Maftuh (1999: 1) menyatakan bahwa IPS merupakan mata pelajaran yang
memadukan konsep-konsep dasar dari berbagai ilmu sosial disusun melalui
pendidikan dan psikologis serta kelayakan dan kebermaknaannya bagi siswa dan
kehidupannya.
Sahabat pembelajar yang berbahagia, kali
ini kami akan menyajikan sebuah informasi yang berkenaan dengan Soal IPS Kelas
9 SMP Bab 3 semester 1 tentang Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.
Adapun contoh Soal IPS Kelas 9 SMP Bab 3
tentang Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia adalah sebagai berikut:
A.
Isilah titik-titik berikut:
B.
Pilihlah jawaban a,b,c atau d yang paling tepat!
1. Negara Republik Indonesia Serikat,
terdiri dari beberapa negara bagian. Secara geografis negara bagian yang
wilayahnya paling luas adalah …
a. RI yang berpusat di Yogya
b. NIT
c. Negara Sumatera Timur
d. Sunda Kecil
2. Dalam rangka mengambil alih Indonesia
dari tangan Jepang, Sekutu melalui Komando Pertahannya di Asia Tenggara
membentuk divisi yang disebut AFNEI. Yang menjadi ketua AFNEI tersebut adalah
Sir Philip Christison yang berasal dari …
a. Inggris
b. Amerika Serikat
c. Kanada
d. Australia
3. Salah satu perjanjian antara
Indonesia-Belanda adalah perjanjian Ranville. Nama Renville diambil dari nama
kapal perang …
a. kerajaan Inggris
b. Angkatan Laut Amerika Serikat
c. negara Australis
d. Kerajaan Belanda
4. Ketika Belanda menyerahkan kekuasaan
pada Jepang, ternyata banyak tokoh Belanda melarikan diri ke Australia.
Dinegara itu mereka menyusun kekuatan. Organisasi yang mereka bentuk yang
bertujuan mengambil alih Indonesia dari sekutu disebut …
a. KTN
b. UNCI
c. AFNEI
d. NICA
5.
Salah satu butir dari hasil perundingan Roem-Royen adalah segera
diadakan Konferensi Meja Bundar. Sebelum dilaksanakan KMB itu hendaknya dilakukan
pendekatan dengan BFO (Bijenkomst
Federaal Overleg) sehubungan dengan pembentukan Republik Indonesia
Serikat. BFO adalah ...
a. Gabungan negara-negara boneka bikinan
Belanda
c. Alat perjuangan untuk Indonesia
merdeka
d. Organisasi politik bikinan Belanda
e. Federasi partai-partai politik
6.
Perundingan Meja Bundar yang dilaksanakan di Den Haag Negeri Belanda salah
satu keputusannya adalah berkaitan pembentukaan Uni antara ...
a. Republik Indonesia dengan Belanda
b. Republik Indonesia dengan Sekutu
c. Republik Indonesia dengan BFO
d. BFO dengan Belanda
7.
Setelah proklamasi kemerdekaan RI, Belanda terus-menerus berusaha menguasai
kembali Indonesia. Hal nini nampak dari dilaksanakannya serangan Umum 1 Maret
1949. Tujuannya adalah ....
a. menghancurkan kekuatan militer
Belanda.
b. menarik simpati masyarakat
internasional.
c. membuyarkan propaganda Belanda bahwa
TNI telah hancur.
d. membuktikan kepada dunia bahwa
RI dan TNI masih eksis.
8.
Sebelum dilaksanakan KMB itu hendaknya dilakukan pendekatan dengan BFO
(Bijenkomst Federaal Overleg) sehubungan
dengan pembentukan Republik Indonesia Serikat. BFO adalah ...
a. Gabungana negara-negara boneka
bikinan Belanda
b. Alat perjuangan untuk Indonesia
merdeka
c. Organisasi politik bikinan Belanda
d. Federasi partai-partai politik
C.
Jawablah dengan singkat !
1. Jelaskan latar belakang terjadinya
Agresi Militer pertama yang dilakukan Belanda terhadap Indonesia !
2. Dilihat dari aspek kewilayahan,
ternyata perjanjian Linggajati merugikan bangsa Indoinesia. Jelaskan secara
singkat !
3. Tugas apakah yang diemban oleh AFNEI
?
Tujuan disajikannya contoh Soal IPS
Kelas 9 SMP Bab 3 tentang Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia tiada
lain adalah untuk mengisi dunia internet dengan hal-hal yang positif, yakni
para peserta didik bisa belajar secara mandiri melalui online. Harapannya,
informasi yang disajikan tentang contoh Soal IPS Kelas 9 SMP Bab 3 tentang Perjuangan
Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia, yang bersumber dari Buku Bse Ilmu
Pengetahuan Sosial SMP Kelas IX bisa bermanfaat bagi para pembaca. Selamat belajar
dan semoga cita-cita Anda bisa tercapai!
0 Komentar
Post a Comment