Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 89, 91, 92, 93 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 6

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 89, 91, 92, 93 Subtema 2 Pembelajaran 5 : Berikut ini adalah kunci jawaban tema 3 kelas 4 halaman 89, kunci jawaban tema 3 kelas 4 halaman 91, kunci jawaban tema 3 kelas 4 halaman 92, dan kunci jawaban tema 3 kelas 4 halaman 93 pada buku siswa kelas 4 SD/MI kurikulum 2013 revisi 2017. Peduli Terhadap Makhluk Hidup, Subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku dalam pembelajaran ke-6.

*****


Sebelumnya kamu telah belajar bagaimana membuat pertanyaan yang baik untuk wawancara. Kamu juga telah menyortir pertanyaan, berlatih melakukan wawancara dengan teman, dan mengetahui sikap dan keterampilan dalam melakukan wawancara. Diskusikan kembali secara berkelompok sikap dan keterampilan yang baik dalam melakukan wawancara.

Tuliskan hasil diskusi dalam bentuk peta pikiran pada kolom berikut.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 89, 91, 92, 93 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 6

----------------------------

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 89 Subtema 2 Pembelajaran 6

Jawaban Alternatif:

Ciri Pertanyaan yang baik adalah sebagai berikut:

1. Sesuai topik

2. Jawabannya bukan iya dan tidak

3. Antar pertanyaan berkesinambungan

4. Menggali lebih banyak informasi

5. Bahasa yang benar

6. Pertanyaan fokus atau tepat sasaran

7. Diawali dengan apa, siapa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana


Supaya hasil wawancara maksimal maka pewancara tersebut perlu memperhatikan hal-hal penting berikut, baik sebelum melakukan wawancara, ketika melakukan wawancara, maupun setelah melakukan wawancara.


A. Sebelum Melakukan Wawancara

– Buat janji dan minta kesediaan narasumber untuk diwawancarai.

– Tunjukkan kesan yang baik, misalnya datang tepat waktu.

– Berpakaian dengan sopan.

– Berbicara dan bersikap sopan.

– Menyiapkan daftar pertanyaan yang sesuai dengan pokok permasalahan.

– Pertanyaan yang baik mengandung unsur ADIK SIMBA (Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana).

– Berlatih agar tidak selalu membaca pertanyaan yang telah disusun.


B. Ketika Sedang Melakukan Wawancara

– Perkenalkan diri sebelum wawancara.

– Sampaikan tujuan wawancara.

– Mulai wawancara dengan pertanyaan yang ringan.

– Cairkan suasana dengan menanyakan tentang kegemaran tokoh.

– Jika suasana sudah cair, baru hubungkan dengan persoalan yang menjadi topik wawancara.

– Sebutkan nama narasumber secara lengkap.

– Bawa buku catatan, alat tulis, atau alat perekam saat melakukan wawancara.

– Dengarkan pendapat dan informasi dari narasumber secara saksama.

– Hindari menyela agar keterangan tidak terputus.

– Hindari minta pengulangan jawaban dari narasumber.

– Hindari pertanyaan yang berbelit-belit.

– Hormati petunjuk narasumber.

– Hindari pertanyaan yang menyinggung dan menyudutkan narasumber.

– Mampu mengambil kesimpulan dan tidak semua jawaban dicatat.


C. Setelah Melakukan Wawancara

– Mohon diri.

– Ucapkan terima kasih.

– Sampaikan permohonan maaf jika selama wawancara ada hal yang kurang berkenan.

----------------------------


Tulis apa saja yang kamu ketahui terkait dengan hewan langka.

----------------------------

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 91 Subtema 2 Pembelajaran 6

Jawaban Alternatif:

Hewan langka adalah hewan yang populasinya sudah menurun dan sebagian besar sudah mendekati kepunahan. Hewan-hewan tersebut dilindungi oleh pemerintah. Tempat-tempat untuk melindungi hewan-hewan tersebut di antaranya Suaka Margasatwa, Taman Nasional Komodo, dan lain sebagainya. Maka dari itu, melestarikan hewan langka yang terancam punah merupakan kewajiban bersama. Contoh hewan-hewan langka diantaranya Badak Bercula Satu, Penyu Hijau, Macan Tutul, Burung Cenderawasih, dan lainnya.

----------------------------


Presentasikan hasil yang telah kamu tulis dalam kelompok.

----------------------------

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 92 dan halaman 93 Subtema 2 Pembelajaran 6

Jawaban Alternatif:

Jawab pertanyaan berikut.

Mengapa kita perlu melestarikan hewan langka?

Jawaban Alternatif:

Karena hewan langka jumlahnya sudah sedikit sehingga perlu dilestarikan, jika tidak hewan tersebut dapat mengalami kepunahan.


Apa yang terjadi jika terdapat hewan yang punah?

Jawaban Alternatif:

Jika terdapat hewan punah, maka akan mempengaruhi kelangsungan hidup makhluk hidup lainnya, sehingga menyebabkan ketidakseimbangan di dalam ekosistem tersebut.


Apa yang bisa kita lakukan sebagai warga negara untuk melestarikan hewan langka?

Jawaban Alternatif:

Peduli terhadap lingkungan dengan cara menjaga agar hewan tidak mengalami kepunahan.


Tuliskan himbauanmu kepada masyarakat agar melestarikan hewan langka.

Jawaban Alternatif:

Manfaat melestarikan hewan langka berarti melaksanakan kewajiban kita terhadap makhluk lainnya. Marilah mulai saat ini kita peduli dengan kelestarian hewan-hewan yang ada di sekitar kita.


Apa kaitan antara kewajiban sebagai warga negara dengan pelestarian hewan langka?

Jawaban Alternatif:

Sebagai warga negara yang baik kita wajib ikut dalam menjaga alam sekitar. Contohnya ialah hewan yang punah. Kita harus berusaha untuk mencegah kepunahan supaya alam kita masih terjaga dan menjaga keanekaragaman flora dan fauna.


Apa yang terjadi jika kewajiban tersebut tidak dilaksanakan?

Jawaban Alternatif:

Jika kewajiban warga negara dalam pelestarian hewan langka tidak dilaksanakan maka hewan akan mengalami kepunahan dan keragaman fauna akan berkurang.

----------------------------


Selanjutnya pelajari juga: Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Subtema 3 Pembelajaran 1


Demikian penyajian artikel Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 4 halaman 89 sampai 93 Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Pembelajaran 6 Subtema 2 Makhluk Hidup di Lingkunganku. Semoga bermanfaat!!!


Sumber Materi:

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 – Peduli Terhadap Makhluk Hidup

0 Komentar

Post a Comment