Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 135, 137, 138, 139, 141 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 135, 137, 138, 139, 141: Dalam pembelajaran 4 Tema 3 Subtema 3 berfokus pada pembelajaran Matematika, PPKn, Bahasa Indonesia dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu:

1. Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi kalimat efektif dan kosakata baku dengan benar.

2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemuan dan manfaatnya dengan menggunakan kalimat ektif dan kosakata baku dengan benar.

3. Setelah berdiskusi, siswa mampu menyebutkan contoh-contoh tindakan yang menunjukkan tanggung jawab atas hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

4. Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan pengalaman diri bertanggung jawab atas hak dan kewajiban dengan terperinci.

5. Setelah bereksplorasi, siswa mampu mengidentifikasi masalah terkait luas dan keliling lingkaran dengan benar.

6. Setelah bereksplorasi, siswa mampu memecahkan masalah yang terkait penaksiran luas dan keliling lingkaran dengan benar.

**********

Adapun kunci jawaban tema 3 kelas 6 halaman 135, kunci jawaban tema 3 kelas 6 halaman 137, kunci jawaban tema 3 kelas 6 halaman 138, kunci jawaban tema 3 kelas 6 halaman 139, kunci jawaban tema 3 kelas 6 halaman 141 kurikulum 2013 revisi 2017. Tokoh dan Penemuan Subtema 3 Ayo, Menjadi Penemu dalam pembelajaran ke-3 adalah sebagai berikut.

**********

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 135 Subtema 3 Pembelajaran 4

Kosakata nonbaku dan perbaikannya

1. Ngelihat, kosakata bakunya adalah melihat

2. Nemuin, kosakata bakunya adalah menemukan

3. Sistim, kosakata bakunya adalah sistem

4. Enggak, kosakata bakunya adalah tidak


Kalimat tidak efektif dan perbaikannya

1. Kalimat tidak efektif: Kita semua pasti sudah mengenal lampu lalu lintas.

   Perbaikan: Kita pasti sudah mengenal lampu lalu lintas.


2. Kalimat tidak efektif: Tahukah kamu siapa yang nemuin lampu lampu lalu lintas?

   Perbaikan: Tahukah kamu siapa yang menemukan lampu lampu lalu lintas?


Kapan kita menggunakan kosakata baku?

Jawaban alternatif: Ketika menulis surat resmi, berpidato dalam acara formal, dan ketika menyusun karya ilmiah.


Mengapa kita menggunakannya?

Jawaban alternatif: Karena kata baku tidak terpengaruh oleh bahasa lain atau bahasa pergaulan suatu daerah, sehingga mudah dimengerti semua orang. Selain itu, untuk menjunjung tinggi bahasa persatuan yakni bahasa Indonesia.

**********

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 137 Subtema 3 Pembelajaran 4

Alternatif jawaban:

1. Melaksanakan Kewajiban

- Mengikuti rambu lalu lintas

- Mempunyai surat-surat yang lengkap seperti SIM dan STNK

- Menggunakan helm atau sabuk pengaman saat berkendara

- Berkendara dengan kecepatan standar

- Berkendara pada lajur jalan yang telah ditentukan


2. Tidak Melaksanakan Kewajiban

- Belum memiliki surat-surat yang lengkap.

- Tidak mau berhenti ketika lampu sedang marah

- Berkendara melawan arah

- Berkendara dengan kecepatan sangat tinggi

- Berkendara tanpa menggunakan helm atau sabuk pengaman


3. Akibat Tidak Melaksanakan Kewajiban

- Melanggar hukum

- Dapat ditilang polisi

- Mengakibatkan kecelakaan

- Membahayakan diri sendiri dan orang lain

- Mengalami kerugian akibat kendaraan yang rusak


Ketika seseorang tidak melaksanakan kewajibannya di jalan raya, apakah hal tersebut dapat mengganggu hak orang lain?

Alternatif jawaban: Ya, karena jalan umum digunakan oleh banyak orang. Setiap orang berhak untuk mendapatkan keselamatan di jalan raya. Hal ini dapat terwujud apabila setiap orang melaksanakan kewajibannya.

**********

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 138 dan 139 Subtema 3 Pembelajaran 4

Selain lampu lalu lintas, terdapat juga rambu-rambu lalu lintas lainnya. Amati rambu-rambu berikut!

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 135, 137, 138, 139, 141 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 4


Diskusikan dengan seorang temanmu mengenai rambu-rambu tersebut untuk menjawab pertanyaan berikut!

1. Apa arti dari masing-masing rambu tersebut?

Alternatif jawaban:

1. Dilarang berjalan terus, wajib berhenti sesaat, dan meneruskan perjalanan setelah mendapat kepastian aman dari lalu lintas arah lainnya.

2. Dilarang berjalan terus jika mengakibatkan rintangan, hambatan, gangguan bagi lalu lintas dari arah lain yang wajib didahulukan.

3. Dilarang berjalan terus pada persilangan-persilangan sebidang lintasan kereta api jalur tunggal, wajib berhenti untuk mendapat kepastian aman.

4. Larangan masuk bagi kendaraan bermotor roda tiga.

5. Rambu pendahulu petunjuk jurusan yang menyatakan arah untuk mencapai suatu tempat keluar dari jalan Tol.

6. Rumah sakit.

7. Rambu petunjuk jurusan daerah wisata Dieng dengan jarak 10 km.


2. Apa manfaat rambu-rambu tersebut bagi pengguna jalan?

Alternatif jawaban: Sebagai peringatan dan mencegah kecelakan. Maupun sebagai petunjuk arah bagi pengguna jalan.


3. Jika rambu-rambu tersebut tidak ada, apa pengaruhnya terhadap pengguna jalan?

Alternatif jawaban: Mereka tidak tahu bahaya yang mungkin ada, sehingga dapat menimbulkan kecelakaan. Selain itu, pengguna jalan dapat kebingungan arah tujuan yang dituju.


4. Apakah kamu pernah melihat rambu-rambu lain di jalan? Jelaskan tentang rambu-rambu tersebut!

Alternatif jawaban: Pernah, seperti larangan masuk untuk semua jenis kendaraan, rambu dilarang berhenti, dilarang parkir, dan rambu-rambu persimpangan jalan.


**********

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 141 Subtema 3 Pembelajaran 4

Hitunglah luas daerah yang diarsir dan keliling bangun berikut. 

1. Luas dan Keliling Gambar 1

• Luas

Luas daerah yang diarsir (La) = Luas persegi  – 4 x 1/4 luas empat lingkaran

La = 14 x 14 – 4 x 1/4 x Ï€ x 72

La = 196 – 22/7 x 49

La = 196 – 154

La = 42 cm2


• Keliling

K = 4 x panjang sisi

K = 4 x 14

K = 56 cm


Jadi, luas daerah yang diarsir adalah 42 cm2, sedangkan kelilingnya adalah 56 cm.


2. Luas dan Keliling Gambar 2

• Luas

Luas daerah yang diarsir (La)  = Luas persegi panjang + 2 x luas setengah lingkaran

La = 28 x 12 + 2 x 1/2 x π x 142

La = 336 + 22/7 x 196

La = 336 + 616

La = 952 cm2


• Keliling

K = 2 x 1/2 x π x 28 + 2 x 12

K = 22/7 x 28 + 24

K = 88 + 24

K = 112 cm


Jadi, luas daerah yang diarsir adalah 952 cm2, sedangkan kelilingnya 112 cm.


3. Luas dan Keliling Gambar 3

• Luas

La = Luas persegi + 3/4 luas lingkaran

La = 14 x 14 + 3/4 x π x 142

La = 196 + 3/4 x 22/7 x 196

La = 196 + 462

La = 658 cm2


• Keliling

K = 3/4 x keliling lingkaran + 2 x 14

K = 3/4 x π x 28 + 28

K = ¾ x 22/7 x 28 + 28

K = 66 + 28

K = 94 cm


Jadi, luas daerah yang diarsir adalah 658 cm2, sedangkan kelilingnya adalah 94 cm.


4. Luas dan Keliling Gambar 4

• Luas

La = Luas persegi – 2 x 1/4 luas lingkaran

La = 20 x 20 – 1/2 x Ï€ x 102

La = 400 – 1/2 x 3,14 x 100

La = 400 – 157

La = 243 cm2


• Keliling

K = 4 x panjang sisi

K = 4 x 20

K = 80 cm


Jadi, luas daerah yang diarsir adalah 243 cm2, sedangkan kelilingnya adalah 80 cm.


5. Luas dan Keliling Gambar 5

• Luas

La = Luas persegi – 4 x 1/2 x luas lingkaran

La = 42 x 42 – 4 x 1/2 x Ï€ x 72

La = 1764 – 2 x 22/7 x 49

La = 1764 – 308

La = 1456 cm2


• Keliling

K = 4 x panjang sisi

K = 4 x 42

K = 168 cm


Jadi, luas daerah yang diarsir adalah 1456 cm2, sedangkan kelilingnya adalah 168 cm.


**********


Demikian penyajian artikel Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 halaman 135, halaman 137, halaman 138, halaman 139, halaman 141 Pembelajaran 4. Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 3 Ayo, Menjadi Penemu. Semoga bermanfaat!!!


Sumber Materi:

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 2 – Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

0 Komentar

Post a Comment