Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 2 : Berikut ini adalah kunci jawaban tema 3 kelas 4 halaman 7, kunci jawaban tema 3 kelas 4 halaman 8, kunci jawaban tema 3 kelas 4 halaman 9, kunci jawaban tema 3 kelas 4 halaman 10, kunci jawaban tema 3 kelas 4 halaman 11, kunci jawaban tema 3 kelas 4 halaman 12, kunci jawaban tema 3 kelas 4 halaman 13, kunci jawaban tema 3 kelas 4 halaman 14, kunci jawaban tema 3 kelas 4 halaman 15, kunci jawaban tema 3 kelas 4 halaman 16 pada buku siswa kelas 4 SD/MI kurikulum 2013 revisi 2017. Peduli Terhadap Makhluk Hidup, Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku dalam pembelajaran ke-2.
**********
Ayo Berdiskusi
Setiap hari Beni, Adik, dan kedua orang tuanya selalu makan malam bersama. Di keluarga Beni semua orang diberi kesempatan untuk mengambil nasi sendiri. Ibu Beni selalu berpesan, ambil secukupnya.
Adik Beni, sering tidak menghabiskan nasinya. Alasannya karena ia sudah kenyang. Sering kali Ibu mengingatkannya. Namun, adik Beni belum juga mau menghabiskannya. Berbeda dengan adiknya, Beni selalu menghabiskan makanannya. Dia selalu mengambil secukupnya.
Diskusikan dengan kelompokmu.
**********
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 7 dan 8 Subtema 1 Pembelajaran 2
1. Apa yang dilakukan adik Beni terhadap makanannya? Jelaskan jawabanmu.
Alternatif jawaban: sering tidak menghabiskan nasinya dengan alasan karena ia sudah kenyang.
2. Apa yang dilakukan Beni terhadap makanannya? Jelaskan jawabanmu.
Alternatif jawaban: Beni selalu menghabiskan makanannya karena Dia selalu mengambil secukupnya.
3. Manakah yang menurutmu telah bersikap bijak terhadap makanan? Beni atau adiknya? Jelaskan jawabanmu.
Alternatif jawaban: Menurutku Beni yang telah bijak terhadap makanan karena selalu mengambil nasi secukupnya dan menghabiskannya.
4. Ketika adik Beni membuang makanan, siapa saja yang dia rugikan? Jelaskan jawabanmu.
Alternatif jawaban: Ketika adik Beni membuang makanan akan merugikan ayah dan ibunya, karena ayah sudah susah payah mencari nafkah dan ibu sudah susah payah memasak makanan. Selain itu, para petani pun dapat dirugikan karena sudah susah payah dalam menanam padi.
5. Ketika adik Beni makan malam, apakah dia sudah mendapatkan haknya? Jelaskan jawabanmu.
Alternatif jawaban:
Adik Beni sudah mendapatkan haknya sebagai anak karena diberikan makan oleh orangtua dan bisa berkumpul untuk makan malam bersama keluarga.
6. Ketika adik Beni membuang makanannya, apakah dia sudah melaksanakan kewajibannya? Jelaskan jawabanmu.
Alternatif jawaban: Ketika adik Beni membuang makanannya dia belum dapat melaksanakan kewajibannya yaitu menghabiskan makanan. Dan ia pun telah boros dalam menggunakan energi karena makanan itu adalah salah satu sumber energi.
7. Ketika Beni menghabiskan makanannya, apakah dia sudah melaksanakan kewajibannya? Jelaskan jawabanmu.
Alternatif jawaban: Ketika Beni menghabiskan makanannya dia sudah melaksanakan kewajibannya dalam menghabiskan makanan sebagai sikap bijak terhadap makanan.
**********
Perhatikan gambar berikut.
**********
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 9 Subtema 1 Pembelajaran 2
Berdasarkan gambar di atas diskusikan.
Apa yang dilakukan orang pada gambar tersebut?
Alternatif jawaban:
Gambar A : Menebang pohon, Gambar B: Menanam pohon, Gambar C: Merusak tanaman
Apakah tindakan tersebut baik? Mengapa?
Alternatif jawaban:
Gambar A : Kurang baik, karena dapat merusak lingkungan
Gambar B : Baik, karena dapat menjaga kelestarian lingkungan
Gambar C : Tidak baik, karena dapat merusak lingkungan
Dampak bagi lingkungan
Alternatif jawaban:
Gambar A : Hutan menjadi gundul, tanah longsor, banjir
Gambar B : Lingkungan terjaga, udara segar
Gambar C : Tanaman menjadi rusak, lingkungan terganggu
Dampak bagi orang lain
Alternatif jawaban:
Gambar A : Hutan yang gundul dapat menyebabkan tanah longsor dan banjir
Gambar B : Orang lain dapat menikmati lingkungan yang nyaman dan udara segar
Gambar C: Orang lain tidak dapat menikmati keindahan alam dan lingkungan menjadi gersang.
Apakah perbuatan dalam gambar tersebut melanggar hak orang lain? Mengapa
Alternatif jawaban:
Gambar A : Ya, menebang pohon secara liar dapat melanggar hak orang lain yaitu dalam memeroleh lingkungan yang sehat dan udara yang segar. Apalagi jika mengakibatkan longsor dan banjir.
Gambar B : Tidak, karena menanam tanaman justru memberikan manfaat kepada orang lain.
Gambar C : Ya, merusak tanaman dapat melanggar hak orang lain dalam menikmati keindahan alam dan udara yang segar.
Apakah orang tersebut sudah melaksanakan kewajibannya? Mengapa?
Alternatif jawaban:
Gambar A : Belum melaksanakan kewajibannya karena seharusnya bijak dalam memanfaatkan hutan
Gambar B : Sudah melaksanakan kewajibannya karena dengan menanam tanaman berarti menjaga kelestarian alam.
Gambar C : Belum melaksanakan kewajibannya karena dengan merusak tanaman berarti tidak bijak terhadap tanaman
Apakah yang sebaiknya dilakukan?
Alternatif jawaban:
Gambar A : Sebaiknya menebang pohon secara tebang pilih tanam, maksudnya menbang pohon yang sudah besar dan menanam pohon yang masih kecil. Dan penebangan pohon tidak tidak dilakukan secara liar
Gambar B: Mengajak orang lain untuk itu juga berpastisipasi dalam menanam pohon
Gambar C: Tidak boleh merusak tanaman tetapi harus menjaganya dengan baik.
**********
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 10 Subtema 1 Pembelajaran 2
Contoh sikapmu yang sudah bijak terhadap tumbuhan
Alternatif jawaban: Menyiram tumbuhan secara rutin setiap hari
Dampak dari sikapmu tersebut bagi lingkungan
Alternatif jawaban: Tumbuhan menjadi subur dan udara lingkungan menjadi segar
Contoh sikapmu yang belum bijak terhadap tumbuhan
Alternatif jawaban: Lupa memberi tumbuhan dengan pupuk
Dampak dari sikapmu yang belum bijak tersebut bagi lingkungan
Alternatif jawaban: Pertumbuhan tumbuhan menjadi lambat
Apa rencanamu untuk memperbaikinya
Alternatif jawaban: Membeli pupuk atau mencari pupuk kandang untuk diberikan kepada tumbuhan
**********
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 11 Subtema 1 Pembelajaran 2
Diskusikan dengan temanmu, cara membulatkan bilangan desimal.
Alternatif jawaban: Cara membulatkan bilangan desimal sangat mirip dengan membulatkan bilangan bulat. Temukan nilai tempat yang akan dibulatkan, dan lihatlah angka di sebelah kanannya. Apabila lima atau lebih besar, maka dibulatkan ke atas. Namun apabila lebih kecil dari lima, maka dibulatkan ke bawah.
Buatlah contoh soalnya.
Alternatif jawaban: 2,36 dibulatkan menjadi 2,4.
**********
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 12 Subtema 1 Pembelajaran 2
Misalkan bulatkan nilai 5,3
Lebih dekat ke manakah bilang 5,3? Ke 5,0 atau 6,0? Jelaskan.
Alternatif jawaban: 5,3 lebih dekat ke 5,0 daripada ke 6,0 sehingga 5,3 dibulatkan menjadi 5,0.
Letakkan bilangan 5,23 ke garis bilangan berikut
Lebih dekat ke manakah bilang 5,23? Ke 5,20 atau 5,30? Jelaskan.
Alternatif jawaban: 5,23 lebih dekat ke 5,20 daripada ke 5,30 sehingga 5,23 dibulatkan menjadi 5,20.
**********
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 12 dan 13 Subtema 1 Pembelajaran 2
Bagaimana melakukan pembulatan desimal?
Alternatif jawaban: Cara membulatkan bilangan desimal yaitu kita temukan dulu nilai tempat yang akan dibulatkan, dan lihatlah angka di sebelah kanannya. Jika lebih besar dari lima atau sama dengan, maka dibulatkan ke atas. Namun jika lebih kecil dari lima, maka dibulatkan ke bawah.
Bagimana melakukan pembulatan ke perseratus terdekat?
Alternatif jawaban: Untuk membulatkan ke perseratusan terdekat kita lihat persepuluhnya. Jika lebih besar atau sama dengan lima maka dibulat ke atas. Tapi, jika persepuluhnya kurang dari lima maka dibulatkan ke bawah.
Misalkan bilangan 2,456. Coba bulatkan ke seperseratus terdekat? Jelaskan alasanmu.
Alternatif jawaban: Bulatkan dengan dua angka di belakang koma atau yang terdekat, bilangan 2,456 dibulatkan menjadi 2,46.
**********
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 13 Subtema 1 Pembelajaran 2
**********
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 14 Subtema 1 Pembelajaran 2
Bagaimana cara melakukan pembulatan bilangan desimal ke bilangan bulat?
Alternatif jawaban: Apabila bilangan desimal sama atau lebih dari lima, maka dibulatkan menjadi satu sementara jika di bawah 5 maka menjadi 0. Contoh: 0,6 = 1 dan 0,3 = 0.
Bagimana cara melakukan pembulatan bilangan desimal ke persepuluh?
Alternatif jawaban: Perhatikan bilangan desimal yang menempati nilai tempat perseratus! Apabila nilai perseratusnya sama atau lebih dari lima maka persepuluhnya ditambah 1. Sementara apabila persepuluhnya kurang dari lima, maka persepuluhnya tidak ditambah (tetap).
Bagaimana cara melakukan pembulatan bilangan desimal ke perseratus?
Alternatif jawaban: Cara membulatkan bilangan desimal ke perseratus yaitu dengan mengubah desimal tersebut ke dalam bentuk pecahan biasa yang penyebutnya seratus. Contoh: 0,6 = 6/10 = 60/100.
Bagaimana cara melakukan pembulatan bilangan desimal?
Alternatif jawaban: Cara membulatkan bilangan desimal yaitu perhatikan nilai tempat yang akan dibulatkan, dan lihat angka di sebelah kanannya. Apabila sama dengan lima atau lebih besar, maka dibulatkan ke atas. Namun apabila lebih kecil dari lima, maka dibulatkan ke bawah.
Apa manfaat pembulatan bilangan desimal?
Alternatif jawaban: Manfaat pembulatan bilangan desimal adalah untuk mempermudah dalam proses pengerjaan hitung bilangan pecahan desimal.
Bagaimana pembulatan membantumu memecahkan masalah?
Alternatif jawaban: Dengan pembulatan dapat membantu memperpendek angka-angkanya. Apalagi jika pada pecahan desimal di belakang komanya banyak.
**********
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 15 Subtema 1 Pembelajaran 2
Alternatif jawaban:
Teknik membuat kolase
- Siapkan bahan berupa dedaunan, batang tumbuhan, dan lem.
- Buat gambar yang disukai.
- Mengatur dedaunan atau batang tumbuhan agar menutupi sketsa.
- Perhatikan ukuran, perpaduan warna, dan bentuknya.
- Beri warna pada bahan bekas.
- Gunting bahan bekas
- Oleskan lem dan tempelk dedaunan atau batang tumbuhan kering pada kertas gambar.
- Tempel dengan rapi sesuai kreativitasmu.
**********
Ayo Renungkan
**********
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 16 Subtema 1 Pembelajaran 2
Nilai-nilai apa yang sudah kamu pelajari hari ini?
Alternatif jawaban: Nilai perilaku yang bijak contohnya bijak terhadap makanan agar tidak dibuang karena merupakan perilaku pemborosan energi.
Apakah kamu masih membuang-buang makananmu?
Alternatif jawaban: Tidak, karena membuang-buang makanan bukan perilaku bijak tapi perilaku yang dapat memboroskan energi.
Kerja Sama dengan Orang
Sampaikan kepada orang tuamu dampak dari membuang-buang makanan. Diskusikan dengan orang tuamu bagaimana cara tidak membuang-buang makanan.
Demikian penyajian artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 4 Halaman 7, Halaman 8, Halaman 9, Halaman 10, Halaman 11, Halaman 12, Halaman 13, Halaman 14, Halaman 15, Halaman 16 Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Pembelajaran 2 Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku. Semoga bermanfaat!!!
Sumber Materi:
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 – Peduli Terhadap Makhluk Hidup
0 Komentar
Post a Comment