Berikut ini adalah kunci jawaban tema 3 kelas 3 halaman 23, kunci jawaban tema 3 kelas 3 halaman 25, kunci jawaban tema 3 kelas 3 halaman 26, kunci jawaban tema 3 kelas 3 halaman 27, kunci jawaban tema 3 kelas 3 halaman 29, kunci jawaban tema 3 kelas 3 halaman 30, kunci jawaban tema 3 kelas 3 halaman 31 pada buku siswa kelas 3 SD/MI kurikulum 2013 revisi 2018. Tema 3 yaitu Benda di Sekitarku dan Subtema 1 yaitu Aneka Benda di Sekitarku pembelajaran ke-3.
Kertas di Sekitar Kita
Banyak benda yang terbuat dari kertas seperti buku tulis yang biasa digunakan. Contoh lain tisu, kardus, dan koran pun juga terbuat dari kertas. Kayu merupakan bahan dasar untuk membuat kertas. Pembuatan kertas dilakukn secara bertahap di pabrik. Kayu-kayu besar dipotong hingga sebesar korek api. Setelah itu kayu dipanaskan hingga menjadi bahan lunak seperti bubur. Bubur inilah yang disebut bubur kertas atau pulp.
Proses selanjutnya, pulp diberi pewarna dan disaring hingga kandungan airnya habis. Pulp yang sudah kering meninggalkan ampas berupa serat selulosa yang saling terkait. Kemudian, serat selulosa ini digiling hingga pipih menjadi seukuran kertas yang diinginkan. Cobalah kamu menulis di atas kaca. Apakah hasil
tulisanmu di atas kaca seperti di kertas? Kertas memiliki sifat dapat menyerap air. Kertas dapat menyerap tinta pulpen dengan baik. Dengan demikian, semua yang kamu tulis di kertas dapat dibaca dengan jelas.
**********
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 23 Pembelajaran 3 Subtema 1
Perhatikan benda-benda di sekitarmu! Tuliskan nama benda yang terbuat dari kertas!
Jawaban alternatif : Buku, kalender, majalah, kardus, koran, undangan, tisu, dll.
**********
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 25 Pembelajaran 3 Subtema 1
Jawaban alternatif :
Dalam upaya menghemat kertas saya menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan memanfaatkan kertas yang masih bisa digunakan.
**********
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 26 Pembelajaran 3 Subtema 1
Jawaban alternatif :
• Selulosa adalah Polisakarida yang dihasilkan oleh sitoplasma sel tanaman yang membentuk dinding sel.
• Lunak adalah lembut, empuk
• Molekul adalah Bagian terkecil senyawa yang terbentuk dari kumpulan atom yang terikat secara kimia, bagian terkecil senyawa yang masih sanggup memperlihatkan sifat-sifat dari senyawa itu.
• Ampas adalah Sisa barang yang telah diambil sarinya atau patinya
• Pulp adalah Daging buah biji; campuran bahan selulosa, seperti kayu, kertas, kain bekas yang dilumatkan dan dimasukkan ke dalam air untuk membuat kertas; bubur kertas.
• Pipih adalah Tipis rata
• Menyerap adalah Masuk ke dalam melalui liang renik (terutama tentang barang cair); meresap; merembes
• Kardus adalah Karton
• Serat adalah Sendat; tidak licin; tidak lancar.
• Menggiling adalah Melumatkan (memipihkan) sesuatu dengan anak batu giling dan batu giling; melumatkan dengan mesin giling.
**********
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 27 Pembelajaran 3 Subtema 1
Buatlah kalimat dengan menggunakan kosakata di atas!
- Lambung hewan ruminansia mengalami modifikasi untuk membantu mereka dalam mencerna makanan yang kaya zat selulosa.
- Setelah direbus ubi akan menjadi lunak.
- Molekul adalah bagian terkecil dari senyawa.
- Ayah memberi makan ikan dengan ampas tahu.
- Pulp merupakan bahan dasar dalam membuat kertas.
- Piring kesukaan Beni berbentuk pipih.
- Gunakan pakaian yng menyerap keringat saat cuaca panas.
- Beni membuat mainan dari kardus bekas.
- Serat kapas digunakn sebagai bahan pembuat sandang.
- Para petani sedang menggiling biji kopi.
**********
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 29 Pembelajaran 3 Subtema 1
Pohon manakah yang paling tinggi? Bagaimana caramu mengukur tinggi suatu pohon?
Tinggi badanmu pasti berbeda dengan temanmu. Apakah semua panjang atau tinggi benda dapat diukur dengan alat ukur yang sama? Alat ukur panjang benda bermacam-macam. Kamu sudah mengenal beragam alat ukur pada pembelajaran sebelumnya.
**********
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 30 Pembelajaran 3 Subtema 1
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Sebutkan satuan panjang yang telah kamu ketahui!
Jawaban alternatif : kilometer, hektometer, dekameter, meter, desimeter, sentimeter, milimeter.
2. Tuliskan alat ukur yang tepat untuk mengukur benda-benda berikut! Diskusikan bersama temanmu!
**********
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 31 Pembelajaran 3 Subtema 1
1. Ukurlah tinggi badan lima orang temanmu di kelas!
2. Tuliskan hasilnya pada tabel di bawah ini. Gunakan satuan cm dalam pengukuranmu!
3. Urutkanlah hasil pengukuranmu! Mulailah dari yang terpendek hingga yang tertinggi!
*Jawaban disesuaikan
**********
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua bersama siswa melakukan gerakan hemat kertas di rumah. Caranya menggunakan kertas di kedua sisinya pada saat menulis. Selain itu, meng gunakan tisu seperlunya. Hal ini perlu bimbingan orang tua.
Demikian penyajian artikel Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 23, Halaman 25, Halaman 26, Halaman 27, Halaman 29, Halaman 30, Halaman 31 pada Tema 3 Benda di Sekitarku Pembelajaran 3 Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku. Semoga bermanfaat!!!
Sumber Materi:
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 3 – Benda di Sekitarku
0 Komentar
Post a Comment