Dalam buku siswa Kurikulum 2013 edisi 2017 pada tema 2 yaitu Bermain di Lingkunganku terdapat 4 subtema yakni Subtema 1 (Bermain di Lingkungan Rumah), Subtema 2 (Bermain di Rumah Teman), Subtema 3 (Bermain di Lingkungan Sekolah), dan Subtema 4 (Bermain di Tempat Wisata). Pada kesempatan kali ini, kami akan menyajikan artikel Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 3 pada Subtema 3 yaitu Bermain di Lingkungan Sekolah.
Adapun Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2
Kelas 2 Subtema 3 Kurikulum 2013 edisi 2017 adalah sebagai berikut.
-
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Pembelajaran 1 Kelas 2
Tema 2 Subtema 3 : Halaman 112 sampai 121
-
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1 Kelas 2 Halaman 112
Coba kamu buat lima pertanyaan tentang
gambar di atas!
Alternatif
Jawaban:
1. Apa permainan yang dilakukan anak
laki-laki?
2. Berapa jumlah siswa perempuan?
3. Mengapa mereka gembira?
4. Dimana mereka sedang bermain?
5. Apa nama permainan yang dilakukan
dengan menggunakan tali?
*****
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1 Kelas 2 Halaman 113, 114, 115
Ayo
Menulis!
Bagaimana
hasil terkaanmu tadi?
Alternatif jawaban: Hasil terkaanku
sesuai.
Apakah
sesuai dengan apa yang kamu baca?
Alternatif jawaban: Ya, sesuai dengan
apa yang saya baca.
Coba
kamu buat lima pertanyaan tentang teks bacaan tersebut!
Alternatif
jawaban:
1. Apa judul bacaan di atas?
2. Kapan mereka bermain di halaman
sekolah?
3. Bagaimana cara bermain permainan
tersebut?
4. Berapa orang yang ikut bermain?
5. Siapa yang bermain kelereng?
Jawablah
pertanyaan berikut sesuai dengan isi teks bacaan “Bermain di Halaman Sekolah”!
1.
Apa yang sedang dilakukan Beni, Edo, dan Udin?
Jawaban: Beni, Edo dan Udin
2.
Siapa yang memutar tali di sebelah kanan?
Jawaban: Siti
3.
Apa yang sedang dilakukan Dayu?
Jawaban: Dayu bersama teman sekelas
sedang bermain estafet air
4.
Apa saja kegiatan bermain sesuai isi cerita?
Jawaban: Bermain kelereng, bermain
lompat tali, dan bermain bermain estafet air
5.
Ceritakanlah isi teks tersebut dengan bahasamu sendiri!
Alternatif
jawaban:
Siswa kelas dua bermain di halaman
sekolah pada waktu istirahat. Siswa laki-laki bermain kelereng. Sementara siswa
perempuannya bermain lompat tali dan estafet air. Mereka sangat senang bermain
di halaman sekolah.
*****
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1 Kelas 2 Halaman 117 dan Halaman 118
*Perhatikan
gambarnya
1. Gambar 1, jawaban: 8 : 2 = 4
2. Gambar 2, jawaban: 18 : 6 = 3
3. Gambar 3, jawaban: 21 : 3 = 7
4. Gambar 4, jawaban: 24 : 4 = 6
*****
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1 Kelas 2 Halaman 119
1)
4 : 2 = (…. − …. − …. = …. ) = ….
Jawaban: (4 – 2 – 2 = 0) = 2
2)
8 : 4 = (…. − …. − …. = …. ) = ….
Jawaban: (8 – 4 – 4 = 0) = 2
3)
9 : 3 = (…. − …. − …. − …. = ….) = ….
Jawaban: (9 – 3 – 3 – 3 = 0) = 3
4)
10 : 5 = (…. − …. − …. = ….) = ….
Jawaban: (10 – 5 – 5 = 0) = 2
5)
12 : 4 = (…. − …. − …. − …. = …. ) = ….
Jawaban: (12 – 4 – 4 – 4 = 0) = 3
*****
Perhatikan
soal nomor 1!
Isilah
titik-titik berikut dengan bilangan yang tepat!
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1 Kelas 2 Halaman 119 dan 120
*****
Apa yang perlu dipersiapkan untuk
menggambar? Apa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menggambar?
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1 Kelas 2 Halaman 120
Alternatif
jawaban:
Alat yang Dibutuhkan untuk Menggambar
1. Kertas gambar
2. Pensil
3. Penghapus
4. Penggaris
5. Pewarna
-
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Pembelajaran 2 Kelas 2
Tema 2 Subtema 3 : Halaman 122 sampai 130
-
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Kelas 2 Halaman 122
Apa yang dilakukan Beni bersama
teman-temannya? Pernahkah kamu melakukan seperti yang mereka lakukan?
Alternatif
Jawaban : Beni dan teman-temannya sedang bermain pada waktu
jam istirahat sekolah. Pernah melakukannya.
*****
Sekarang simaklah cerita yang
disampaikan gurumu! Kemudian, catatlah isi cerita yang kamu dengar! Berikut ini
cerita yang dibacakan gurumu :
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Kelas 2 Halaman 123
1. Judul: ……………………….
2. Isi cerita: ……………………..
Jawaban
:
Disesuaikan dengan cerita dari guru.
*****
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Kelas 2 Halaman 123 dan 124
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan
cerita yang kamu dengar!
Jawaban : Disesuaikan dengan cerita dari
guru.
*****
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Kelas 2 Halaman 125
Alternatif
Jawaban Sesuai Hasil pengamatan:
1. Nama benda: Air
Ciri-ciri benda: Air merupakan benda cair yang yang mempunyai
warna bening dan jernih, Air dapat menempati ruangan dan menekan ke segala
arah.
2. Nama benda: Gangsing
Ciri-ciri benda: Gangsing merupakan
benda padat. Gangsing terbuat dari kayu.
3. Nama benda: Balon
Ciri-ciri benda: Balon adalah kantung
fleksibel yang secara umum berisi gas seperti helium, hidrogen, nitrogen
monoksida dan udara. Ciri-cirinya berbentuk bulat dan lonjong, dapat menahan
tekanan, dapat meletus. Terbuat dari bahan karet.
Berdasarkan
pengamatan dapat disimpulkan bahwa air merupakan benda
cair, gangsing merupakan benda padat, dan balon dapat berisi gas seperti udara.
*****
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan,
kelompokkanlah benda berikut berdasarkan wujudnya!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - -
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Kelas 2 Halaman 126
*****
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Kelas 2 Halaman 126 dan 127
Alternatif
Jawaban:
Permainan apa yang mereka lakukan?
Jawaban : Permainan saling dorong.
Pernahkah kamu melakukan permainan itu?
Jawaban : Pernah.
*****
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Kelas 2 Halaman 127
Apakah Udin mematuhi tata tertib di
sekolahnya?
Alternatif
Jawaban: Ya, Udin mematuhi tata tertib di sekolah.
Bagaimana tata tertib berpakaian di
sekolahmu?
Alternatif
Jawaban: Siswa wajib berpakaian seragam sekolah, misalnya
hari Senin dan Selasa memakai seragam putih merah,hari Rabu memakai batik, dst.
(Disesuaikan)
Apakah kamu mematuhinya? Ya, saya
mematuhi aturan berpakaian di sekolah.
*****
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Kelas 2 Halaman 127
Jawaban disesuaikan dengan aturan
berpakaian masing-masing sekolah.
*****
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Kelas 2 Halaman 129
1.
Apa saja tata tertib yang ada pada teks di atas?
Jawaban: Tata tertib berpakaian di
sekolah yaitu kita harus memakai kaus kaki warna putih, perempuan memakai rok
di bawah lutut, sepatu hitam, rambut harus disisir, dan rambut laki-laki tidak
boleh melebihi telinga.
2.
Bagaimana tata tertib berpakaian di sekolah?
Jawaban : Tata tertib berpakaian di
sekolah (disesuaikan)
*****
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Kelas 2 Halaman 130
Alternatif
Jawaban: Membawa bola di depan, saling berhadapan, dan
saling menekan atau mendorong bola.
*****
-
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Pembelajaran 3 Kelas 2
Tema 2 Subtema 3 : Halaman 131 sampai 139
-
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 131
Kira-kira, apa cerita yang cocok untuk
gambar di atas?
Alternatif
Jawaban:
Lomba tenis meja cilik antar kelas
digelar. Permainannya sangat seru, karena kemampuan pemainnya seimbang. Para
penonton pun terhibur dan saling memberikan dukungan kepada jagoannya
masing-masing.
*****
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 132
Apa
isi teks bacaan di atas?
Alternatif
Jawaban: Perlombaan Tenis Meja Cilik antar kelas 2 SD
sekecamatan.
Bagaimana
hasil terkaanmu tadi?
Alternatif
Jawaban: Hasil terkaanku benar.
Apakah
sesuai dengan yang kamu baca?
Alternatif
Jawaban: Ya, sesuai dengan yang saya baca.
*****
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 133
Alternatif
Jawaban:
1.
tribun maknanya adalah Panggung untuk tempat berbicara atau tempat yang
agak tinggi untuk tempat duduk para penonton baik di stadion maupun tempat lain.
2. bet
maknanya adalah Alat pemukul dalam permainan ping pong.
3. net
maknanya adalah Jaring yang dibuat secara khusus untuk bermain baik
bulutangkis, tenis dan tenis meja.
4. menangkis
maknanya adalah menolak atau menahan serangan.
5. Lawan
maknanya adalah tandingan dalam permainan.
Buatlah
kalimat dengan kata-kata di atas!
1. Para penonton tenis meja cilik
berkumpul di tribun.
2. Ayah membelikan bet baru untuk Beni.
3. Panitia lomba tenis meja cilik sedang
memasang net di meja pingpong.
4. Beni menangkis serangan dari lawan
mainnya dengan sigap.
5. Beni menang dari lawan karena poin
miliknya lebih banyak.
*****
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 134
Alternatif
Jawaban:
Hasil
pengamatan:
1. Nama benda: Bet
Ciri-ciri benda : Berwujud benda padat,
permukaannya datar dan halus, memiliki gagang untuk pegangan.
2. Nama benda: Net
Ciri-ciri benda : Berwujud benda padat,
terbuat dari benang seperti jaring
3. Nama benda : Meja
Ciri-ciri benda : Berwujud benda padat,
terbuat dari kayu, permukaannya datar dan halus
Berdasarkan
pengamatan dapat disimpulkan bahwa: Bet, net, dan meja
merupakan benda padat yang digunakan sebagai peralatan dalam permainan tenis
meja.
*****
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 135
Selesaikan
soal berikut dengan teliti!
1. Perusahaan mengirim net 4 kali
berturut-turut ke sekolah yang berbeda sebanyak 44. Berapakah banyak net yang
dibeli tiap sekolah apabila banyaknya net untuk tiap sekolah sama?
Jawaban:
44 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 –
4 – 4 = 0
44 : 4 = 11
Jadi, banyaknya net untuk tiap sekolah
adalah 11 buah.
2. Usai perlombaan, 36 bet dimasukkan ke
dalam keranjang. Bet muat dalam 9 keranjang sama banyak. Berapakah banyak bet
dalam setiap keranjang?
Jawaban:
36 – 9 –
9 – 9 – 9 = 0
36 : 9 = 4
Jadi, banyak bet dalam setiap keranjang
adalah 4.
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 136
3. Perusahaan meja tenis memiliki stok
meja tenis sebanyak 35 meja yang dibuat selama seminggu penuh. Berapakah banyak
meja tenis yang dibuat dalam sehari?
Jawaban :
Seminggu = 7 hari
35 – 7 – 7 – 7 – 7 – 7 = 5
35 : 7 = 5
Jadi, banyak meja tenis yang dibuat
sehari adalah 5 buah.
4. Persediaan bola pingpong untuk lomba
sebanyak 48 bola pingpong. Bola pingpong dimasukkan ke dalam 6 kotak. Berapa
banyak bola pingpong dalam tiap kotak?
Jawaban:
48 – 6 – 6 – 6 – 6 – 6 – 6 – 6 – 6 = 0
48 : 6 = 8
Jadi, banyak bola pingpong dalam setiap
kotak adalah 8 buah.
5. Tribun barat terdiri atas 32 tempat
duduk. Tiap baris terdiri atas 8 tempat duduk. Berapakah banyak baris di tribun
barat?
Jawaban :
32 – 8 – 8 – 8 – 8 = 4
32 : 8 = 4
Jadi, banyak baris di tribun barat adalah
4.
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 136
Kepala Sekolah punya banyak tiket.
Bantulah Kepala Sekolah membagi tiket
lomba tenis ke beberapa siswa! Berikut datanya.
1. 25 : 5 = (25 − 5 − 5 − 5 − 5 − 5 = 0 ) = 5
2. 27 : 9 = ( 27 − 9 − 9 − 9 = 0 ) = 3
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 137
3. 28 : 4 = (28 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 = 0 ) = 7
4. 30 : 5 = (30 − 5 − 5 − 5 − 5 − 5 − 5 = 0 ) = 6
5. 42 : 6 = (42 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 = 0 ) = 7
6. 36 : 4 = (36 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 = 0
) = 9
7. 45 : 9 = ( 45 − 9 − 9 − 9 − 9 − 9 = 0 ) = 5
8. 49 : 7 = ( 49 − 7 − 7 − 7 − 7 − 7 − 7 − 7 = 0 ) = 7
9. 52 : 4 = (52 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4
− 4 − 4 − 4 = 0 ) = 13
10. 54 : 6 = (54 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 = 0 ) = 7
*****
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 138
*****
Masih ingatkah kamu alat dan bahan yang
digunakan untuk menggambar?
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 139
1. Buku gambar, cara menggunakan: Kertas
di letakan di meja/alas yang keras dan permukaannya halus
2. Pensil, cara menggunakan: Pensil
diruncingkan dan digunakan untuk membuat sketsa.
3. Pensil warna, cara menggunakan: Untuk
mewarnai gambar yang sudah dibuat.
4. Penggaris, cara menggunakan: Untuk membuat garis dan
menebalkan sketsa yang dibuat
5. Penghapus, cara menggunakan: Untuk
menghapus apabila ada gambar yang salah atau tidak digunakan
*****
-
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Pembelajaran 4 Kelas 2
Tema 2 Subtema 3 : Halaman 140 sampai 147
-
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4 Kelas 2 Halaman 140
Alternatif
Jawaban:
Apa permainan yang dilakukan Beni
bersama teman-temannya?
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4 Kelas 2 Halaman 141
Jawaban: *Judul dan isi cerita
disesuaikan dengan cerita yang disampaikan oleh guru.
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4 Kelas 2 Halaman 141 dan 142
Jawablah
pertanyaan berikut berdasarkan cerita yang kamu dengar!
1. Apa nama permainan dari cerita yang
didengar?
2. Bagaimana cara melakukan permainan
itu?
3. Mengapa Edo melindungi teman satu
timnya?
4. Bagaimana cara menghindari
lemparannya?
5. Apa saja benda yang terdapat dalam
bacaan?
Jawaban: *disesuaikan dengan cerita yang
disampaikan oleh guru.
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4 Kelas 2 Halaman 142 dan 143
Alternatif
Jawaban:
Hasil pengamatan:
1. Nama benda: Karet Gelang
Ciri-ciri benda : Termasuk benda padat,
benda lunak, elastis, mudah dibentuk, lentur, tidak tembus air, tidak berkarat
dan dapat direnggangkan.
2. Nama benda : Kertas
Ciri-ciri benda : Termasuk benda padat,
mudah robek, memiliki tekstur halus, bahan tipis
3. Nama benda : Batu
Ciri-ciri benda : Termasuk benda padat,
sifatnya keras. Biasanya berwarna hitam atau abu-abu.
Berdasarkan pengamatan dapat disimpulkan
bahwa: Karet gelang, kertas, dan batu termasuk benda padat.
*****
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4 Kelas 2 Halaman 143
Alternatif
Jawaban:
Wujud benda padat : batu, kayu, besi,
meja, kursi.
Wujud benda cair : air, sirup, bensin,
minyak tanah, kecap.
Wujud benda gas : udara, uap asap,
angin, nitrogen, oksigen.
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4 Kelas 2 Halaman 145
1. 8 : 2 = 4 karena 4 x 2 = 8
2. 10 : 2 = 5 karena 5 x 2 = 10
3. 12 : 3 = 4 karena 4 x 3 = 12
4. 14 : 7 = 2 karena 2 x 7 = 14
5. 15 : 5 = 3 karena 3 x 5 = 15
*****
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4 Kelas 2 Halaman 145
*****
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4 Kelas 2 Halaman 146 dan 147
Alternatif
Jawaban:
Langkah-langkah Menggambar Imajinatif
1. Menentukan tema gambar.
2. Mencari ide gambar sesuai dengan
tema.
3. Mempersiapkan alat dan bahan yang
dibutuhkan untuk menggambar.
4. Membuat sketsa gambar menggunakan
pensil.
5. Mewarnai sketsa gambar.
*****
-
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Pembelajaran 5 Kelas 2
Tema 2 Subtema 3 : Halaman 148 sampai 156
-
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5 Kelas 2 Halaman 148
Apa yang terjadi dengan Mey dan Dayu?
Alternatif
Jawaban: Mey dan Dayu terlambat.
Bolehkah kita meniru mereka?
Alternatif
Jawaban: Tidak boleh ditiru, karena kita harus membiasakan
diri untuk datang tepat waktu.
*****
Ayo
Mencoba
Pernahkah kamu melakukan permainan
estafet bola?
Alternatif
Jawaban : Pernah atau tidak pernah (disesuaikan dengan diri
sendiri).
Apakah gerak dasar dalam permainan
estafet bola?
Alternatif
Jawaban : Gerak dasar estafet bola mempunyai konsep yaitu
mengoper bola dari satu pemain ke pemain yang lainnya.
*****
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5 Kelas 2 Halaman 149
Alternatif
Jawaban:
Langkah-langkah dalam permainan estafet
bola
Pertama,
bola disiapkan di dalam kerajang.
Kedua,
peserta dibagi menjadi dua kelompok.
Ketiga,
wasit meniup peluit sebagai tanda pertandingan dimulai.
Keempat,
Pemain dalam barisan pertama mengambil bola yang ada di dalam keranjang.
Kelima,
Bola diberikan kepada pemain kedua dan seterusnya.
Keenam,
pemain yang terakhir memasukkan bola ke dalam keranjang yang kosong.
Ketujuh,
kelompok yang paling cepat dalam memasukkan bola akan menjadi pemenangnya.
*****
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5 Kelas 2 Halaman 152 dan 153
*****
Ayo
Menulis
Coba kamu buat lima pertanyaan tentang
teks bacaan yang kamu simak! Gunakan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan,
mengapa, dan bagaimana!
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5 Kelas 2 Halaman 154 dan 155
Alternatif
Jawaban:
1. Apa semua murid wajib mengikuti
upacara bendera pada hari Senin?
2. Siapa yang wajib mengikuti upacara
bendera pada hari Senin?
3. Dimana upacara bendera pada hari
Senin dilaksanakan?
4. Kapan upacara bendera dilakukan?
5. Mengapa kita harus mengikuti upacara
bendera?
6. Bagaimana tata tertib upacara
bendera?
*****
Ayo
Berlatih!
Jawablah pertanyaan berikut sesuai
dengan isi teks yang kamu dengar!
1. Apa yang terjadi dengan Dayu dan Mey?
Alternatif
Jawaban: Dayu dan Mey datang terlambat dan ditegur oleh guru
olahraga karena pelajaran olahraga telah dimulai.
2. Bagaimana cara melakukan permainan
estafet bola?
Alternatif
Jawaban:
- Bola disiapkan di dalam kerajang.
- Peserta dibagi menjadi dua kelompok.
- Wasit meniup peluit sebagai tanda
pertandingan dimulai.
- Pemain dalam barisan pertama mengambil
bola yang ada di dalam keranjang.
- Bola diberikan kepada pemain kedua dan
seterusnya.
- Pemain yang terakhir memasukkan bola
ke dalam keranjang yang kosong.
- Kelompok yang paling cepat dalam
memasukkan bola akan menjadi pemenangnya.
3. Apa yang dibutuhkan dalam permainan
tersebut?
Alternatif
Jawaban: Satu bola tenis untuk masing-masing kelompok, satu
peluit untuk wasit.
4. Bagaimana aturan dalam permainan
estafet bola?
Alternatif
Jawaban:
- Peserta di bagi dalam dua kelompok
dengan jumlah peserta sama.
- Pemain tidak boleh melewati garis atau
menginjak garis, baik mereka yang bertugas sebagai penangkap atau pelempar
- Pemain penangkap dan pelempar berdiri
pada posisi yang saling berhadapan
- Pemain melempar dan menangkap
menggunakan kaos, kecuali pemain pertama yang melempar dengan tangan
- Apabila saat pertandingan sedang di
mulai ada salah satu tim yang menjatuhkan bola, maka tim tersebut harus memulai
dari awal
- Permainan estafet bola di mainkan
dalam waktu 20 menit
- Pemenang dalam permainan estafet bola
adalah kelompok pemain yang dapat memindahkan bola dari garis start hingga
garis finish dengan waktu yang tercepat
5. Mengapa tim Beni menang?
Alternatif
Jawaban: Karena tim Beni mampu memindahkan bola dari garis
start hingga finish dengan waktu paling cepat dari tim lainnya.
*****
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5 Kelas 2 Halaman 155 dan 156
Alternatif
Jawaban:
Hasil pengamatan:
1. Nama benda : Bola
Ciri-ciri benda : bola bentuknya bulat,
bagian dalamnya kosong dan berisi angin.
Bentuk benda : bulat
2. Nama benda : Buku
Ciri-ciri benda : buku pada umumnya
berbahan kertas dan memiliki sampul. Buku digunakan untuk menulis maupun menggambar.
Bentuk benda: pada umumnya berbentuk
persegi panjang.
3. Nama benda : Pensil
Ciri-ciri benda : Terbuat dari kayu, digunakan
untuk menulis atau membuat sketsa gambar.
Bentuk benda : Tabung atau silinder
Berdasarkan
pengamatan dapat disimpulkan bahwa: Setiap benda baik itu
bola, buku, maupun pensil memiliki ciri dan bentuk yang berbeda.
*****
-
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Pembelajaran 6 Kelas 2
Tema 2 Subtema 3 : Halaman 157 sampai 167
-
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kelas 2 Halaman 157
Apa
saja yang dilakukan Beni bersama teman-temannya?
Alternatif
Jawaban: Beni bersama temannya sedang bermain sepak bola.
Pernahkah
kamu melakukan permainan seperti yang dilakukan Beni di sekolahmu?
Alternatif
Jawaban: Saya pernah bermain sepak bola. (Disesuaikan)
*****
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kelas 2 Halaman 160
Apa
isi teks percakapan tersebut?
Alternatif
Jawaban: Tata tertib permainan sepak bola.
*****
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kelas 2 Halaman 161
Alternatif
Jawaban:
-
Tim
maknanya adalah kelompok yang terdiri dari gabungan individual yang memiliki
tujuan untuk memenangkan pertandingan dan menghasilkan kinerja yang lebih baik
daripada permainan secara individu.
-
Inti
maknanya adalah anggota dari tim yang diandalkan atau diberi kepercayaan lebih
sehingga menjadi acuan dalam pertandingan-pertandingan tertentu.
-
Gol
maknanya adalah masuknya bola ke dalam gawang baik gawang lawan maupun gawang
sendiri.
- Gawang
maknanya adalah sesuatu yang dibuat dari jaring dan tiang gawang guna
menentukan proses gol atau tidak sebuah pertandingan.
-
Penalti maknanya adalah tendangan yang dilakukan di titik
yang berjarak 11 meter dari gawang yang terjadi karena terdapat pelanggaran
atau handsball di dalam kotak penalti oleh pemain sendiri.
*****
Buatlah kalimat dengan menggunakan
kata-kata tersebut!
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kelas 2 Halaman 162
Alternatif
Jawaban:
1. Tim yang kerjasamanya bagus akan memenangkan
pertandingan.
2. Beni termasuk pemain inti dalam tim
sepak bola.
3. Beni mencetak gol paling banyak dalam
pertandingan sepak bola.
4. Penjaga gawang terbaik diberikan
hadiah.
5. Adu penalti dilakukan karena skornya
tetap imbang.
*****
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kelas 2 Halaman 163
Alternatif
Jawaban:
Hasil pengamatan:
1. Nama benda : Peluit
Ciri-ciri benda : digunakan dengan cara ditiup,
berisi bola-bola kecil, memiliki lubang, biasa digunakan dalam beberapa
permainan misalnya sepak bola oleh wasit.
Bentuk benda: tabung
2. Nama benda : Bola
Ciri-ciri benda : bola bentuknya bulat,
bagian dalamnya kosong dan berisi angin, bola sangat penting dalam permainan
sepak bola.
Bentuk benda : bulat
3. Nama benda : Kartu
Ciri-ciri benda : Terbuat dari kertas
maupun plastik. Bentuknya tipis, warnanya bervarisi. Digunakan oleh wasit.
Bentuk benda: Tipis dan persegi panjang.
Berdasarkan
pengamatan dapat disimpulkan bahwa: Bola, peluit, dan
kartu merupakan benda penting dalam permainan sepak bola.
*****
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kelas 2 Halaman 164
Bantulah paman Beni untuk menghitungnya!
Kemudian, ubah ke bentuk perkalian!
1) 27 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 −
3 = 0
27 : 9 = 3 karena 3 × 9 = 27
2) 30 − 2 − 2 − 2 − 2 − 2 − 2 − 2 − 2 −
2 − 2 − 2 − 2 − 2 − 2 − 2 = 0
30 : 2 = 15 karena 15 × 2 = 30
3) 32 − 8 − 8 − 8 − 8 = 0
32 : 8 = 4 karena 4 × 8 = 32
4) 33 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 −
3 − 3 − 3 = 0
33 : 3 = 11 karena 11 × 3 = 33
5) 36 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 −
3 − 3 − 3 − 3 = 0
36 : 3 = 12 karena 12 × 3 = 36
*****
Kunci
jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kelas 2 Halaman 166
1. 16 : 2 = 8
2. 21 : 3 = 7
3. 32 : 4 = 8
4. 35 : 5 = 7
5. 48 : 6 = 8
Perhatikan
contoh berikut! Isilah titik-titik berikut dengan bilangan yang tepat!
Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kelas 2 Halaman 167
*****
Demikian penyajian artikel Kunci Jawaban
Buku Siswa Tema 2 Kelas 2 Subtema 3 Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat!!!
0 Komentar
Post a Comment