Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 2 Subtema 3 Kurikulum 2013

Dalam buku siswa Kurikulum 2013 edisi 2017 pada tema 2 yaitu Bermain di Lingkunganku terdapat 4 subtema yakni Subtema 1 (Bermain di Lingkungan Rumah), Subtema 2 (Bermain di Rumah Teman), Subtema 3 (Bermain di Lingkungan Sekolah), dan Subtema 4 (Bermain di Tempat Wisata). Pada kesempatan kali ini, kami akan menyajikan artikel  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 3 pada Subtema 3 yaitu Bermain di Lingkungan Sekolah.

 

Adapun Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 2 Subtema 3 Kurikulum 2013 edisi 2017 adalah sebagai berikut.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Pembelajaran 1 Kelas 2 Tema 2 Subtema 3 : Halaman 112 sampai 121

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1 Kelas 2 Halaman 112

Coba kamu buat lima pertanyaan tentang gambar di atas!

Alternatif Jawaban:

1. Apa permainan yang dilakukan anak laki-laki?

2. Berapa jumlah siswa perempuan?

3. Mengapa mereka gembira?

4. Dimana mereka sedang bermain?

5. Apa nama permainan yang dilakukan dengan menggunakan tali?

*****

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1 Kelas 2 Halaman 113, 114, 115

Ayo Menulis!

Bagaimana hasil terkaanmu tadi?

Alternatif jawaban: Hasil terkaanku sesuai.

Apakah sesuai dengan apa yang kamu baca?

Alternatif jawaban: Ya, sesuai dengan apa yang saya baca.

 

Coba kamu buat lima pertanyaan tentang teks bacaan tersebut!

Alternatif jawaban:

1. Apa judul bacaan di atas?

2. Kapan mereka bermain di halaman sekolah?

3. Bagaimana cara bermain permainan tersebut?

4. Berapa orang yang ikut bermain?

5. Siapa yang bermain kelereng?

 

Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi teks bacaan “Bermain di Halaman Sekolah”!

1. Apa yang sedang dilakukan Beni, Edo, dan Udin?

Jawaban: Beni, Edo dan Udin

2. Siapa yang memutar tali di sebelah kanan?

Jawaban: Siti

3. Apa yang sedang dilakukan Dayu?

Jawaban: Dayu bersama teman sekelas sedang bermain estafet air

4. Apa saja kegiatan bermain sesuai isi cerita?

Jawaban: Bermain kelereng, bermain lompat tali, dan bermain bermain estafet air

5. Ceritakanlah isi teks tersebut dengan bahasamu sendiri!

Alternatif jawaban:

Siswa kelas dua bermain di halaman sekolah pada waktu istirahat. Siswa laki-laki bermain kelereng. Sementara siswa perempuannya bermain lompat tali dan estafet air. Mereka sangat senang bermain di halaman sekolah.

*****

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1 Kelas 2 Halaman 117 dan Halaman 118

*Perhatikan gambarnya

1. Gambar 1, jawaban:  8 : 2 = 4

2. Gambar 2, jawaban:  18 : 6 = 3

3. Gambar 3, jawaban:  21 : 3 = 7

4. Gambar 4, jawaban:  24 : 4 = 6

*****

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1 Kelas 2 Halaman 119

1) 4 : 2 = (…. − …. − …. = …. ) = ….

Jawaban: (4 – 2 – 2 = 0)  = 2

 

2) 8 : 4 = (…. − …. − …. = …. ) = ….

Jawaban: (8 – 4 – 4 = 0) = 2

 

3) 9 : 3 = (…. − …. − …. − …. = ….) = ….

Jawaban: (9 – 3 – 3 – 3  = 0) = 3

 

4) 10 : 5 = (…. − …. − …. = ….) = ….

Jawaban: (10 – 5 – 5  = 0) = 2

 

5) 12 : 4 = (…. − …. − …. − …. = …. ) = ….

Jawaban: (12 – 4 – 4 – 4  = 0) = 3

*****

 

Perhatikan soal nomor 1!

Isilah titik-titik berikut dengan bilangan yang tepat!

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1 Kelas 2 Halaman 119 dan 120

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 2 Subtema 3 Kurikulum 2013

*****

 

Apa yang perlu dipersiapkan untuk menggambar? Apa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menggambar?

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1 Kelas 2 Halaman 120

Alternatif jawaban:

Alat yang Dibutuhkan untuk Menggambar

1. Kertas gambar

2. Pensil

3. Penghapus

4. Penggaris

5. Pewarna

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Pembelajaran 2 Kelas 2 Tema 2 Subtema 3 : Halaman 122 sampai 130

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Kelas 2 Halaman 122

Apa yang dilakukan Beni bersama teman-temannya? Pernahkah kamu melakukan seperti yang mereka lakukan?

Alternatif Jawaban : Beni dan teman-temannya sedang bermain pada waktu jam istirahat sekolah. Pernah melakukannya.

*****

 

Sekarang simaklah cerita yang disampaikan gurumu! Kemudian, catatlah isi cerita yang kamu dengar! Berikut ini cerita yang dibacakan gurumu :

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Kelas 2 Halaman 123

1. Judul: ……………………….

2. Isi cerita: ……………………..

Jawaban : Disesuaikan dengan cerita dari guru.

*****

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Kelas 2 Halaman 123 dan 124

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan cerita yang kamu dengar!

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 2 Subtema 3 Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 2 Subtema 3 Kurikulum 2013

Jawaban : Disesuaikan dengan cerita dari guru.

*****

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Kelas 2 Halaman 125

Alternatif Jawaban Sesuai Hasil pengamatan:

1. Nama benda: Air

Ciri-ciri benda:  Air merupakan benda cair yang yang mempunyai warna bening dan jernih, Air dapat menempati ruangan dan menekan ke segala arah.

 

2. Nama benda: Gangsing

Ciri-ciri benda: Gangsing merupakan benda padat. Gangsing terbuat dari kayu.

 

3. Nama benda: Balon

Ciri-ciri benda: Balon adalah kantung fleksibel yang secara umum berisi gas seperti helium, hidrogen, nitrogen monoksida dan udara. Ciri-cirinya berbentuk bulat dan lonjong, dapat menahan tekanan, dapat meletus. Terbuat dari bahan karet.

 

Berdasarkan pengamatan dapat disimpulkan bahwa air merupakan benda cair, gangsing merupakan benda padat, dan balon dapat berisi gas seperti udara.

*****

 

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, kelompokkanlah benda berikut berdasarkan wujudnya!

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Kelas 2 Halaman 126

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 2 Subtema 3 Kurikulum 2013

*****

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Kelas 2 Halaman 126 dan 127

Alternatif Jawaban:

Permainan apa yang mereka lakukan?

Jawaban : Permainan saling dorong.

Pernahkah kamu melakukan permainan itu?

Jawaban : Pernah.

*****

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Kelas 2 Halaman 127

Apakah Udin mematuhi tata tertib di sekolahnya?

Alternatif Jawaban: Ya, Udin mematuhi tata tertib di sekolah.

Bagaimana tata tertib berpakaian di sekolahmu?

Alternatif Jawaban: Siswa wajib berpakaian seragam sekolah, misalnya hari Senin dan Selasa memakai seragam putih merah,hari Rabu memakai batik, dst. (Disesuaikan)

Apakah kamu mematuhinya? Ya, saya mematuhi aturan berpakaian di sekolah.

*****

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Kelas 2 Halaman 127

Jawaban disesuaikan dengan aturan berpakaian masing-masing sekolah.

*****

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Kelas 2 Halaman 129

1. Apa saja tata tertib yang ada pada teks di atas?

Jawaban: Tata tertib berpakaian di sekolah yaitu kita harus memakai kaus kaki warna putih, perempuan memakai rok di bawah lutut, sepatu hitam, rambut harus disisir, dan rambut laki-laki tidak boleh melebihi telinga.

2. Bagaimana tata tertib berpakaian di sekolah?

Jawaban : Tata tertib berpakaian di sekolah (disesuaikan)

*****

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Kelas 2 Halaman 130

Alternatif Jawaban: Membawa bola di depan, saling berhadapan, dan saling menekan atau mendorong bola.

*****

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Pembelajaran 3 Kelas 2 Tema 2 Subtema 3 : Halaman 131 sampai 139

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 131

Kira-kira, apa cerita yang cocok untuk gambar di atas?

Alternatif Jawaban:

Lomba tenis meja cilik antar kelas digelar. Permainannya sangat seru, karena kemampuan pemainnya seimbang. Para penonton pun terhibur dan saling memberikan dukungan kepada jagoannya masing-masing.

*****

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 132

Apa isi teks bacaan di atas?

Alternatif Jawaban: Perlombaan Tenis Meja Cilik antar kelas 2 SD sekecamatan.

 

Bagaimana hasil terkaanmu tadi?

Alternatif Jawaban: Hasil terkaanku benar.

 

Apakah sesuai dengan yang kamu baca?

Alternatif Jawaban: Ya, sesuai dengan yang saya baca.

*****

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 133

Alternatif Jawaban:

1. tribun maknanya adalah Panggung untuk tempat berbicara atau tempat yang agak tinggi untuk tempat duduk para penonton baik di stadion maupun tempat lain.

2. bet maknanya adalah Alat pemukul dalam permainan ping pong.

3. net maknanya adalah Jaring yang dibuat secara khusus untuk bermain baik bulutangkis, tenis dan tenis meja.

4. menangkis maknanya adalah menolak atau menahan serangan.

5. Lawan maknanya adalah tandingan dalam permainan.

 

Buatlah kalimat dengan kata-kata di atas!

1. Para penonton tenis meja cilik berkumpul di tribun.

2. Ayah membelikan bet baru untuk Beni.

3. Panitia lomba tenis meja cilik sedang memasang net di meja pingpong.

4. Beni menangkis serangan dari lawan mainnya dengan sigap.

5. Beni menang dari lawan karena poin miliknya lebih banyak.

*****

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 134

Alternatif Jawaban:

Hasil pengamatan:

1. Nama benda: Bet

Ciri-ciri benda : Berwujud benda padat, permukaannya datar dan halus, memiliki gagang untuk pegangan.

 

2. Nama benda: Net

Ciri-ciri benda : Berwujud benda padat, terbuat dari benang seperti jaring

3. Nama benda : Meja

 

Ciri-ciri benda : Berwujud benda padat, terbuat dari kayu, permukaannya datar dan halus

 

Berdasarkan pengamatan dapat disimpulkan bahwa: Bet, net, dan meja merupakan benda padat yang digunakan sebagai peralatan dalam permainan tenis meja.

*****

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 135

Selesaikan soal berikut dengan teliti!

1. Perusahaan mengirim net 4 kali berturut-turut ke sekolah yang berbeda sebanyak 44. Berapakah banyak net yang dibeli tiap sekolah apabila banyaknya net untuk tiap sekolah sama?

Jawaban:

44 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 = 0

44 : 4 = 11

Jadi, banyaknya net untuk tiap sekolah adalah 11 buah.

 

2. Usai perlombaan, 36 bet dimasukkan ke dalam keranjang. Bet muat dalam 9 keranjang sama banyak. Berapakah banyak bet dalam setiap keranjang?

Jawaban:

36 – 9 –  9  – 9 – 9 = 0

36 : 9 = 4

Jadi, banyak bet dalam setiap keranjang adalah 4.

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 136

3. Perusahaan meja tenis memiliki stok meja tenis sebanyak 35 meja yang dibuat selama seminggu penuh. Berapakah banyak meja tenis yang dibuat dalam sehari?

Jawaban :

Seminggu = 7 hari

35 – 7 – 7 – 7 – 7 – 7 = 5

35 : 7 = 5

Jadi, banyak meja tenis yang dibuat sehari adalah 5 buah.

 

4. Persediaan bola pingpong untuk lomba sebanyak 48 bola pingpong. Bola pingpong dimasukkan ke dalam 6 kotak. Berapa banyak bola pingpong dalam tiap kotak?

Jawaban:

48 – 6 – 6 – 6 – 6 – 6 – 6 – 6 – 6 = 0

48 : 6 = 8

Jadi, banyak bola pingpong dalam setiap kotak adalah 8 buah.

 

5. Tribun barat terdiri atas 32 tempat duduk. Tiap baris terdiri atas 8 tempat duduk. Berapakah banyak baris di tribun barat?

Jawaban :

32 – 8 – 8 – 8 – 8 = 4

32 : 8 = 4

Jadi, banyak baris di tribun barat adalah 4.

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 136

Kepala Sekolah punya banyak tiket.

Bantulah Kepala Sekolah membagi tiket lomba tenis ke beberapa siswa! Berikut datanya.

1. 25 : 5  = (25 − 5 − 5 − 5 − 5 − 5 = 0 )  = 5

2. 27 : 9  = ( 27 − 9 − 9 − 9 = 0 )  = 3

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 137

3. 28 : 4  = (28 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 = 0 )  = 7

4. 30 : 5  = (30 − 5 − 5 − 5 − 5 − 5 − 5 = 0 )  = 6

5. 42 : 6  = (42 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 = 0 )  = 7

6. 36 : 4  = (36 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 = 0 )  = 9

7. 45 : 9  = ( 45 − 9 − 9 − 9 − 9 − 9 = 0 )  = 5

8. 49 : 7  = ( 49 − 7 − 7 − 7 − 7 − 7 − 7 − 7 = 0 )  = 7

9. 52 : 4  = (52 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 = 0 )  = 13

10. 54 : 6  = (54 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 = 0 )  = 7

*****

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 138

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 2 Subtema 3 Kurikulum 2013

*****

 

Masih ingatkah kamu alat dan bahan yang digunakan untuk menggambar?

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 139

1. Buku gambar, cara menggunakan: Kertas di letakan di meja/alas yang keras dan permukaannya halus

2. Pensil, cara menggunakan: Pensil diruncingkan dan digunakan untuk membuat sketsa.

3. Pensil warna, cara menggunakan: Untuk mewarnai gambar yang sudah dibuat.

4. Penggaris,  cara menggunakan: Untuk membuat garis dan menebalkan sketsa yang dibuat

5. Penghapus, cara menggunakan: Untuk menghapus apabila ada gambar yang salah atau tidak digunakan

*****

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Pembelajaran 4 Kelas 2 Tema 2 Subtema 3 : Halaman 140 sampai 147

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4 Kelas 2 Halaman 140

Alternatif Jawaban:

Apa permainan yang dilakukan Beni bersama teman-temannya?

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4 Kelas 2 Halaman 141

Jawaban: *Judul dan isi cerita disesuaikan dengan cerita yang disampaikan oleh guru.

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4 Kelas 2 Halaman 141 dan 142

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan cerita yang kamu dengar!

1. Apa nama permainan dari cerita yang didengar?

2. Bagaimana cara melakukan permainan itu?

3. Mengapa Edo melindungi teman satu timnya?

4. Bagaimana cara menghindari lemparannya?

5. Apa saja benda yang terdapat dalam bacaan?

Jawaban: *disesuaikan dengan cerita yang disampaikan oleh guru.

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4 Kelas 2 Halaman 142 dan 143

Alternatif Jawaban:

Hasil pengamatan:

1. Nama benda: Karet Gelang

Ciri-ciri benda : Termasuk benda padat, benda lunak, elastis, mudah dibentuk, lentur, tidak tembus air, tidak berkarat dan dapat direnggangkan.

 

2. Nama benda : Kertas

Ciri-ciri benda : Termasuk benda padat, mudah robek, memiliki tekstur halus, bahan tipis

3. Nama benda : Batu

Ciri-ciri benda : Termasuk benda padat, sifatnya keras. Biasanya berwarna hitam atau abu-abu.

Berdasarkan pengamatan dapat disimpulkan bahwa: Karet gelang, kertas, dan batu termasuk benda padat.

*****

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4 Kelas 2 Halaman 143

Alternatif Jawaban:

Wujud benda padat : batu, kayu, besi, meja, kursi.

Wujud benda cair : air, sirup, bensin, minyak tanah, kecap.

Wujud benda gas : udara, uap asap, angin, nitrogen, oksigen.

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4 Kelas 2 Halaman 145

1. 8 : 2 = 4       karena   4 x 2 = 8

2. 10 : 2 = 5     karena   5 x 2 = 10

3. 12 : 3 = 4     karena   4 x 3 = 12

4. 14 : 7 = 2     karena   2 x 7 = 14

5. 15 : 5 = 3     karena   3 x 5 = 15

*****

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4 Kelas 2 Halaman 145

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 2 Subtema 3 Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 2 Subtema 3 Kurikulum 2013


*****

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4 Kelas 2 Halaman 146 dan 147

Alternatif Jawaban:

Langkah-langkah Menggambar Imajinatif

1. Menentukan tema gambar.

2. Mencari ide gambar sesuai dengan tema.

3. Mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menggambar.

4. Membuat sketsa gambar menggunakan pensil.

5. Mewarnai sketsa gambar.

*****

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Pembelajaran 5 Kelas 2 Tema 2 Subtema 3 : Halaman 148 sampai 156

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5 Kelas 2 Halaman 148

Apa yang terjadi dengan Mey dan Dayu?

Alternatif Jawaban: Mey dan Dayu terlambat.

 

Bolehkah kita meniru mereka?

Alternatif Jawaban: Tidak boleh ditiru, karena kita harus membiasakan diri untuk datang tepat waktu.

*****

 

Ayo Mencoba

Pernahkah kamu melakukan permainan estafet bola?

Alternatif Jawaban : Pernah atau tidak pernah (disesuaikan dengan diri sendiri).

Apakah gerak dasar dalam permainan estafet bola?

Alternatif Jawaban : Gerak dasar estafet bola mempunyai konsep yaitu mengoper bola dari satu pemain ke pemain yang lainnya.

*****

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5 Kelas 2 Halaman 149

Alternatif Jawaban:

Langkah-langkah dalam permainan estafet bola

Pertama, bola disiapkan di dalam kerajang.

Kedua, peserta dibagi menjadi dua kelompok.

Ketiga, wasit meniup peluit sebagai tanda pertandingan dimulai.

Keempat, Pemain dalam barisan pertama mengambil bola yang ada di dalam keranjang.

Kelima, Bola diberikan kepada pemain kedua dan seterusnya.

Keenam, pemain yang terakhir memasukkan bola ke dalam keranjang yang kosong.

Ketujuh, kelompok yang paling cepat dalam memasukkan bola akan menjadi pemenangnya.

*****

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5 Kelas 2 Halaman 152 dan 153

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 2 Subtema 3 Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 2 Subtema 3 Kurikulum 2013


*****

 

Ayo Menulis

Coba kamu buat lima pertanyaan tentang teks bacaan yang kamu simak! Gunakan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana!

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5 Kelas 2 Halaman 154 dan 155

Alternatif Jawaban:

1. Apa semua murid wajib mengikuti upacara bendera pada hari Senin?

2. Siapa yang wajib mengikuti upacara bendera pada hari Senin?

3. Dimana upacara bendera pada hari Senin dilaksanakan?

4. Kapan upacara bendera dilakukan?

5. Mengapa kita harus mengikuti upacara bendera?

6. Bagaimana tata tertib upacara bendera?

*****

 

Ayo Berlatih!

Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi teks yang kamu dengar!

1. Apa yang terjadi dengan Dayu dan Mey?

Alternatif Jawaban: Dayu dan Mey datang terlambat dan ditegur oleh guru olahraga karena pelajaran olahraga telah dimulai.

 

2. Bagaimana cara melakukan permainan estafet bola?

Alternatif Jawaban:

- Bola disiapkan di dalam kerajang.

- Peserta dibagi menjadi dua kelompok.

- Wasit meniup peluit sebagai tanda pertandingan dimulai.

- Pemain dalam barisan pertama mengambil bola yang ada di dalam keranjang.

- Bola diberikan kepada pemain kedua dan seterusnya.

- Pemain yang terakhir memasukkan bola ke dalam keranjang yang kosong.

- Kelompok yang paling cepat dalam memasukkan bola akan menjadi pemenangnya.

 

3. Apa yang dibutuhkan dalam permainan tersebut?

Alternatif Jawaban: Satu bola tenis untuk masing-masing kelompok, satu peluit untuk wasit.

 

4. Bagaimana aturan dalam permainan estafet bola?

Alternatif Jawaban:

- Peserta di bagi dalam dua kelompok dengan jumlah peserta sama.

- Pemain tidak boleh melewati garis atau menginjak garis, baik mereka yang bertugas sebagai penangkap atau pelempar

- Pemain penangkap dan pelempar berdiri pada posisi yang saling berhadapan

- Pemain melempar dan menangkap menggunakan kaos, kecuali pemain pertama yang melempar dengan tangan

- Apabila saat pertandingan sedang di mulai ada salah satu tim yang menjatuhkan bola, maka tim tersebut harus memulai dari awal

- Permainan estafet bola di mainkan dalam waktu 20 menit

- Pemenang dalam permainan estafet bola adalah kelompok pemain yang dapat memindahkan bola dari garis start hingga garis finish dengan waktu yang tercepat

 

5. Mengapa tim Beni menang?

Alternatif Jawaban: Karena tim Beni mampu memindahkan bola dari garis start hingga finish dengan waktu paling cepat dari tim lainnya.

*****

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5 Kelas 2 Halaman 155 dan 156

Alternatif Jawaban:

Hasil pengamatan:

1. Nama benda : Bola

Ciri-ciri benda : bola bentuknya bulat, bagian dalamnya kosong dan berisi angin.

Bentuk benda : bulat

 

2. Nama benda : Buku

Ciri-ciri benda : buku pada umumnya berbahan kertas dan memiliki sampul. Buku digunakan untuk menulis maupun menggambar.

Bentuk benda: pada umumnya berbentuk persegi panjang.

 

3. Nama benda : Pensil

Ciri-ciri benda : Terbuat dari kayu, digunakan untuk menulis atau membuat sketsa gambar.

Bentuk benda : Tabung atau silinder

 

Berdasarkan pengamatan dapat disimpulkan bahwa: Setiap benda baik itu bola, buku, maupun pensil memiliki ciri dan bentuk yang berbeda.

*****

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Pembelajaran 6 Kelas 2 Tema 2 Subtema 3 : Halaman 157 sampai 167

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kelas 2 Halaman 157

Apa saja yang dilakukan Beni bersama teman-temannya?

Alternatif Jawaban: Beni bersama temannya sedang bermain sepak bola.

 

Pernahkah kamu melakukan permainan seperti yang dilakukan Beni di sekolahmu?

Alternatif Jawaban: Saya pernah bermain sepak bola. (Disesuaikan)

*****

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kelas 2 Halaman 160

Apa isi teks percakapan tersebut?

Alternatif Jawaban: Tata tertib permainan sepak bola.

*****

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kelas 2 Halaman 161

Alternatif Jawaban:

- Tim maknanya adalah kelompok yang terdiri dari gabungan individual yang memiliki tujuan untuk memenangkan pertandingan dan menghasilkan kinerja yang lebih baik daripada permainan secara individu.

- Inti maknanya adalah anggota dari tim yang diandalkan atau diberi kepercayaan lebih sehingga menjadi acuan dalam pertandingan-pertandingan tertentu.

- Gol maknanya adalah masuknya bola ke dalam gawang baik gawang lawan maupun gawang sendiri.

- Gawang maknanya adalah sesuatu yang dibuat dari jaring dan tiang gawang guna menentukan proses gol atau tidak sebuah pertandingan.

- Penalti maknanya adalah tendangan yang dilakukan di titik yang berjarak 11 meter dari gawang yang terjadi karena terdapat pelanggaran atau handsball di dalam kotak penalti oleh pemain sendiri.

*****

 

Buatlah kalimat dengan menggunakan kata-kata tersebut!

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kelas 2 Halaman 162

Alternatif Jawaban:

1. Tim yang kerjasamanya bagus akan memenangkan pertandingan.

2. Beni termasuk pemain inti dalam tim sepak bola.

3. Beni mencetak gol paling banyak dalam pertandingan sepak bola.

4. Penjaga gawang terbaik diberikan hadiah.

5. Adu penalti dilakukan karena skornya tetap imbang.

*****

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kelas 2 Halaman 163

Alternatif Jawaban:

Hasil pengamatan:

1. Nama benda : Peluit

Ciri-ciri benda : digunakan dengan cara ditiup, berisi bola-bola kecil, memiliki lubang, biasa digunakan dalam beberapa permainan misalnya sepak bola oleh wasit.

Bentuk benda: tabung

 

2. Nama benda : Bola

Ciri-ciri benda : bola bentuknya bulat, bagian dalamnya kosong dan berisi angin, bola sangat penting dalam permainan sepak bola.

Bentuk benda : bulat

 

3. Nama benda : Kartu

Ciri-ciri benda : Terbuat dari kertas maupun plastik. Bentuknya tipis, warnanya bervarisi. Digunakan oleh wasit.

Bentuk benda: Tipis dan persegi panjang.

 

Berdasarkan pengamatan dapat disimpulkan bahwa: Bola, peluit, dan kartu merupakan benda penting dalam permainan sepak bola.

*****

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kelas 2 Halaman 164

Bantulah paman Beni untuk menghitungnya! Kemudian, ubah ke bentuk perkalian!

1) 27 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3  = 0

27 : 9 = 3         karena 3 × 9 = 27

 

2) 30 − 2 − 2 − 2 − 2 − 2 − 2 − 2 − 2 − 2 − 2 − 2 − 2 − 2 − 2 − 2   = 0

30 : 2 = 15       karena 15 × 2 = 30

 

3) 32 − 8 − 8 − 8 − 8  = 0

32 : 8 = 4         karena 4 × 8 = 32

 

4) 33 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3  = 0

33 : 3 = 11       karena 11 × 3 = 33

 

5) 36 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3  = 0

36 : 3 = 12       karena 12 × 3 = 36

*****

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kelas 2 Halaman 166

1. 16  :  2  =  8

2. 21  :  3  =  7

3. 32  :  4  =  8

4. 35  :  5  =  7

5. 48  :  6  =  8

 

Perhatikan contoh berikut! Isilah titik-titik berikut dengan bilangan yang tepat!

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kelas 2 Halaman 167

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 2 Subtema 3 Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 2 Subtema 3 Kurikulum 2013

*****


Demikian penyajian artikel Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 2 Subtema 3 Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat!!!

0 Komentar

Post a Comment