BLOG GURU SD

Ciri Khusus Bebek

Materi Ajar : Ciri Khusus Bebek dan Fungsinya - Bebek merupakan salah satu jenis unggas yang memiliki manfaat bagi manusia. Bebek ini biasanya hidup di tanah yang berlumpur. Selain itu juga bebek pun mencari makan dengan berenang di air tawar.
Tahukah Anda, mengapa bebek memiliki kaki yang berselaput? Kaki bebek yang berselaput itu ternyata fungsinya adalah untuk menapak di tanah yang berlumpur. Hal itu agar kakinya tidak tenggelam. Selain itu, kakinya yang berselaput juga digunakan untuk mendayung. Sehingga, bebek dapat berenang di air.
Selain kakinya yang berselaput, bebek juga memiliki cirri khusus yang lainnya, yakni:

Ciri Khusus Bebek dan Fungsinya

1. Bulu berlapis lilin
Bebek menjaga bulunya agar tetap kering pada saat berenang di air. Hal itu disebabkan karena pada permukaannya itu terdapat lapisan minyak yang diproduksi oleh suatu kelenjar yang terdapat di bagian ekor bebek. Minyak yang dihasilkan tersebut kemudian disebarkan kepada seluruh permukaan bulu bebek dan juga membuatnya menjadi tahan air. Pada bagian dalam, bulu-bulu bebek memiliki tekstur yang lembut serta dapat berfungsi menghangatkan tubuh bebek.

2. Paruh bebek berbentuk sudu
Fungsi dari ciri khusus bentuk paruh bebek yang sudu adalah untuk memudahkan bebek dalam mencari makanan di lumpur. Paruh yang berbentuk sudu juga dipunyai oleh mentok.

3. Warna bulu yang berbeda antara bebek jantan dengan betina
Bebek mempunyai bentuk tubuh yang sama persis, antara yang jantan dengan betina. Tetapi warna bulu-bulunya mempunyai variasi/corak warnanya khas, sehingga mudah dibedakan antara bebek jantan maupun juga bebek betina. Bebek jantan mempunyai warna yang lebih cerah dbandingkan dengan bebek betina yang terlihat lebih kusam. Warna yang kusam bermanfaat bagi bebek betina untuk kamuflase dan menghindari pemangsa ketika bebek berada di dalam sarang. Sementara warna yang cerah pada bebek jantan fungsinya adalah untuk menarik bebek betina.


4. Lehernya panjang
Bebek memiliki leher panjang yang berfungsi memudahkan bebek dalam mengais makanan di air. Leher bebek bisa melengkung ke belakang hingga mencapai sayap, punggung, serta dada. Kemampuan itu juga dimanfaatkan oleh bebek untuk dapat membersihkan dirinya sendiri. Ketika membersihkan diri, paruh bebek pun mengusap-usap bulu-bulu pada area sayap, penggung, dan dada. Bebek merupakan salah satu hewan yang menyukai kebersihan tubuh. Sehingga, mereka sering sekali membersihkan dirinya.

6. Jarang dan bahkan tidak mengerami telurnya
Fungsi ciri khusus yang lainnya  ini adalah Jarang dan bahkan tidak mengerami telurnya. Hal ini menjadikan bebek lebih dapat menghasilkan telur yang banyak.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan berkaitan dengan Ciri Khusus Bebek dan fungsinya. Semoga bermanfaat!!!

Sumber : Buku Bse, Blog Ilmu Pengetahuan Alam, 

Advertisement

0 Komentar untuk "Ciri Khusus Bebek"

Back To Top