Bahas Soal UN Matematika Kelas 6 SD Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah

Bahas Soal UN Matematika Kelas 6 SD : Assalamualaikum,,, Kali ini, Nadi Guru akan berbagi pengetahuan tentang operasi hitung pada indikatornya Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah. Silahkan disimak ya!
Bahas Soal UN Matematika Kelas 6 SD Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah
1. Hasil dari 24 x (34 - 14) adalah …
A. 380
B. 480
C. 240
D. 336

Pembahasan :
Pada soal di atas, ada operasi hitung perkalian dan juga yang berada dalam tanda kurung. Untuk yang terlebih dahulu dikerjakan adalah yang berada dalam tanda kurung yaitu (34-14) adalah 20. Setelah itu, kemudian 24 x 20 = 480.
Jadi, hasil dari 24 x (34 - 14) adalah 480.
Jawaban : B

2. Hasil dari 144 : (30 – 6) adalah …
A. 4
B. 6
C. 24
D. 54

Pembahasan :
Pada soal nomor 2, ada operasi hitung pembagian dan juga yang berada di dalam tanda kurung. Untuk yang terlebih dahulu dikerjakan, sama seperti soal di atas yaitu dikerjakan dulu yang berada di dalam tanda kurung (30 – 6 ) = 24.
Selanjutnya, 144 : 24 hasilnya adalah 6.
Jadi, hasil dari 144 : (30 – 6) adalah 6.
Jawaban : B

3. Hasil dari 15 x (84 – 39) : 25 adalah …
A. 97
B. 54
C. 42
D. 27

Pembahasan :
Dalam soal nomor 3, terdapat operasi hitung perkalian, yang berada dalam tanda kurung, dan pembagian. Yang pertama kali dikerjakan adalah yang berada dalam tanda kurung yaitu 84 – 39 = 45.
Setelah itu, kalimat matematikanya menjadi 15 x 45 : 25.
Tanda kurungnya sudah hilang, karena tadi sudah dikerjakan terlebih dahulu dan tinggal perkalian dan pembagian. Karena keduanya sama-sama kuat, maka kerjakan dulu yang paling kiri.
Yang paling kiri adalah 15 x 45 = 675.
Setelah itu, kalimat matematikanya jadi 675 : 25.
675 : 25 adalah 27.
Jadi,  15 x (84 – 39) : 25 adalah 27.
Jawaban : D

*Catatan : Insya Alloh pada kesempatan berikutnya, info tentang Bahas Soal UN Matematika Kelas 6 SD Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah ini akan diupdate kembali dengan menambahkan soal dan pembahasannya. Terima kasih… 

0 Komentar

Post a Comment